Daftar Negara-negara Sekutu Iran, Aliansi Melawan Intervensi Barat

Ghina Aulia
23 April 2024, 14:37
Daftar Negara-negara Sekutu Iran
Unsplash
Daftar Negara-negara Sekutu Iran
Button AI Summarize

Konflik antara Iran dan Israel kembali memanas dalam minggu-minggu ini. Tentu saja hal ini menjadi sorotan dunia di tengah serangan Israel yang masih berstatus “waspada” terhadap Palestina.

Namun, tahukah Anda bahwa perseteruan Iran dan Israel sudah muncul sejak berpuluh-puluh tahun silam? Di dalamnya juga menyangkut kepentingan politik dan hasil alam yang “hangat” bagi negara-negara kawasan Timur Tengah.

Sejarah Konflik Antara Iran dan Israel

Merunut dari sejarahnya, konflik Iran dengan Israel sudah terjadi sejak Revolusi Islam pada tahun 1979. Kala itu, Iran menganggap Israel sebagai bangsa yang berseberangan dengan umat Islam dan dikaitkan dengan penjajahannya terhadap Palestina.

Masalah Palestina telah menjadi pusat permusuhan selama beberapa dekade, dan Teheran telah memperingatkan Israel dan sekutu terdekatnya, Amerika Serikat, bahwa perang dengan Hamas dapat menyebar. Sebab, Tel Aviv telah meningkatkan serangan di luar Gaza. Israel telah membom posisi di Lebanon dan Suriah, dua negara di mana Teheran memiliki pengaruh yang cukup besar.

Sebelum itu di tahun 1950, Iran sempat mengakui kedaulatan Israel yang merdeka sejak 1948. Penindasan yang dilakukan Israel dianggap sebagai bukti nyata bahwa mereka memiliki jalan yang berbeda.

Di dalam misi Iran-Israel, masing-masing memiliki negara sekutu yang saling mendukung. Beberapa daftar negara-negara sekutu Iran, sebagian besar dari kawasan Timur Tengah. Selain itu, juga ada Rusia, dan China. Berikut pembahasannya.

Daftar Negara-negara Sekutu Iran

1. Rusia

Rusia dikenal sebagai “negara baru” dari Uni Soviet yang pada zamannya memiliki kekuatan komunis terbesar di dunia. Hal ini juga banyak dibicarakan apabila membahas tentang dua masa Perang Dunia. Pihak ini dikenal dengan sebutan Blok Timur.

Meski perang sudah usai, kerja sama antara sekutu ternyata belum habis. Tak terkecuali dengan Rusia yang masih berafiliasi dengan teman seperjuangannya, seperti Cina dan Korea Utara.

Hubungan Iran-Rusia juga mesra pada beberapa konflik yang pernah terjadi, di antaranya masalah antara Iran dengan Irak, Suriah, dan Afganistan.

Melansir Foreign Policy, Rusia dan Iran telah membentuk kemitraan melawan kekuatan Barat selama beberapa dekade. Tetapi, hubungan itu secara historis diwarnai oleh arus bawah ketidakpercayaan dan kewaspadaan.

Kemitraan itu telah membantu produksi drone tempur Iran. Para pejabat Rusia pada akhir musim gugur 2022 diam-diam mencapai kesepakatan dengan Iran untuk memasok ratusan drone yang dipersenjatai untuk menghancurkan kota-kota Ukraina dan infrastruktur sipil.

2. Irak

Irak dan Iran sama-sama dikenal sebagai negara Islam Syiah yang kuat. Kerja sama antara keduanya sudah mencakup berbagai aspek. Termasuk politik dan pertahanan.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...