8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut Sehat dan Indah

Image title
26 Juli 2021, 20:51
Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut Sehat dan Indah
pixabay.com
Ilustrasi minyak zaitun untuk rambut

Nutrisi untuk rambut sehat dapat dipenuhi menggunakan minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun untuk rambut adalah menjaga kekuatan rambut. Dengan berbagai kandungan seperti vitamin E dan K yang baik untuk kesehatan rambut.

Rambut sehat memerlukan kelembapan dan nutrisi yang cukup. Seringkali, rambut tidak mendapatkan nutrisi cukup karena sering ditata menggunakan alat, pemrosesan kimia, surfaktan dalam sampo, dan polusi di kehidupan sehari-hari.

Advertisement

Tak hanya itu, minyak zaitun memiliki manfaat untuk mencegah kerusakan pada rambut akibat radikal bebas. Kulit kepala memiliki folikel rambut yang dapat tersumbat karena radikal bebas, sedangkan kandungan antioksidan dan antijamur pada minyak zaitun mampu mencegah hal tersebut.

Minyak zaitun cocok untuk orang-orang yang memiliki rambut keriting atau sangat kering. Ini karena, tekstur rambut tersebut secara alami lebih cepat kehilangan kelembapan dan mudah kusut sehingga memerlukan banyak nutrisi yang terkandung dalam minyak zaitun.

Jenis minyak zaitun untuk rambut

Ada beberapa jenis minyak zaitun yang dapat digunakan untuk rambut yaitu:

  1. Extra virgin olive oil, merupakan jenis minyak zaitun yang paling sehat. Berasal dari ekstraksi  menggunakan metode alami yang menjaga kemurnian serta mengandung 0,8% keasaman.
  2. Virgin olive oil, jenis ini kualitasnya sedikit lebih rendah dari extra virgin, mengandung sekitar 1,5% keasaman.
  3. Olive oil, jenis ini sudah diolah dan dicampur dengan bahan lain sehingga tidak murni dan kekurangan antioksidan.

Untuk merawat rambut, jenis minyak zaitun yang disarankan adalah jenis extra virgin olive oil karena kandungannya masih murni dan terjaga, sehingga dapat memberikan nutrisi pada rambut secara maksimal. Adapun manfaat minyak zaitun untuk rambut adalah sebagai berikut.

1. Memelihara rambut

Minyak zaitun memiliki manfaat sebagai pelembab dan mencegah kekeringan pada rambut. Terutama ketika rambut terpapar sinar matahari, kandungan pada minyak zaitun mampu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk rambut.

2. Menenangkan kulit kepala

Minyak zaitun memiliki manfaat untuk menenangkan kulit kepala Anda karena mengandung sifat antibakteri dan antijamur. Kandungan tersebut membantu mengurangi rasa gatal, mengatasi kekeringan, melawan ketombe dan melancarkan folikel rambut yang tersumbat. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement