Asal Mula Kopi Malabar yang Berkualitas dengan Cita Rasa Khas

Image title
9 Agustus 2021, 11:42
Kopi, Seputar Kopi, kopi Malabar, JelajahJalanRayaPos
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Seorang pekerja menuangkan biji kopi di warung kopi Malabar Mountain Coffee, Bogor, (13/11/2019).

Kopi merupakan salah satu komoditas hasil perkebunan yang mempunyai peran signifikan dalam perekonomian  Indonesia. Ekspor kopi menjadi penghasil devisa Tanah Air yang cukup tinggi selain minyak dan gas.

Saat ini, lebih dari 90% kopi Indonesia dibudidayakan petani pada lahan pertanian dengan luas rata-rata satu hektar. Beberapa produksi kopi tersebut merupakan kopi organik yang dikelola koperasi petani dan eksportir bersertifikat internasional.

Salah satu penghasil kopi terbesar berada di pulau Jawa dengan varietas Kopi Arabika. Jenis kopi tersebut paling cocok untuk ketinggian di atas 1.500 meter di atas permukaan laut (mdpl). Adapun daerah penghasil kopi yang paling terkenal berada di Pangalengan, Jawa Barat, tepatnya di pegunungan Malabar.

Puncak Malabar memiliki ketinggian 2.343 mdpl. Kondisi geografis dataran tinggi tersebut memiliki kesuburan tanah dan cuaca yang baik, sehingga sangat cocok untuk perkebunan. Kopi yang tumbuh di puncak tersebut mendapat julukan Kopi Malabar.

Sejarah Kopi Malabar

Kopi pertama kali ditemukan sekitar 3.000 tahun lalu di benua Afrika. Kemudian pada tahun 1699, ketika Indonesia masih di bawah jajahan Belanda, VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie) mendatangkan tanaman Kopi Arabika untuk melawan monopoli kopi dunia oleh bangsa Arab dunia.

Awalnya, Pemerintah Belanda tertarik untuk menanam kopi dan menurut beberapa sumber, mereka berhasil mencuri tanaman kopi pada tahun 1616 dari Mocha, yakni kota pelabuhan yang ramai dijadikan pusat perdagangan kopi di Yaman.

Bibit kopi kemudian dikirim ke Indonesia pada 1696 oleh Walikota Amsterdam Nicolas Witsen dan diterima oleh Adrian Van Ommen di Malabar yang kemudian dibawa ke Indonesia tepatnya di Batavia pada 1696.

Sayangnya, bibit tersebut gagal tumbuh karena banjir. Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah Belanda meminta pasukannya untuk menanam ulang kopi tersebut di daerah Priangan, Jawa Barat.

Pada 1706, sampel kopi dikirim ke Belanda untuk diteliti di Kebun Raya Amsterdam. Hasilnya, kopi tersebut memiliki kualitas yang sangat baik. Kopi mulai menjadi komoditas utama VOC. Budidaya kopi terus berkembang pesat dan memberikan keuntungan yang sangat besar bagi Belanda.

Dari Malabar Menjadi Kopi Java Preanger

Ekspor kopi pertama kali dilakukan pada 1711 oleh VOC, kemudian selama 10 tahun ke depan, ekspor kopi meningkat menjadi 60 ton per tahun. Oleh sebab itu, Belanda membuat perkebunan kopi pertama di luar Arabia dan Ethiopia yang mengakibatkan monopoli VOC dalam perdagangan kopi dunia dari 1725 hingga 1780.

Untuk mendukung produksi kopi, VOC mengeluarkan perjanjian yang disebut koffiestelsel (sistem kopi) dimana masyarakat Priangan wajib menanam kopi. Hasil produksi kopi dari Priangan dinamakan Java Preanger. Nama tersebut berasal dari penyebutan Preanger yang digunakan Belanda untuk menyebut daerah Priangan di kawasan Pegunungan Malabar, Jawa Barat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...