7 Obat Sakit Gigi Alami Terbukti dalam Studi

Image title
23 November 2021, 17:03
Sakit gigi dapat mengakibatkan komplikasi jika tidak segera ditangani. Jika sakitnya ringan, penderita dapat mencoba obat sakit gigi alami. Segera ke dokter apabila sakit tak kunjung sembuh.
shironosov/iStockphoto
Ilustrasi seseorang yang mengalami sakit gigi

Sakit gigi merupakan masalah kesehatan yang umum dialami sebagian orang. menurut studi dalam jurnal Pediatrics pada tahun 2005, satu dari 10 pasien anak-anak dan remaja pernah mengeluh menderita sakit gigi, 

Saat sedang sakit gigi, penderita perlu mencari tahu sumber sakit tersebut. Dengan mengetahui sumbernya, penderita dapat menentukan obat sakit gigi yang sesuai untuk meredakan rasa sakit, bengkak, atau gejala lainnya.

Mengonsumsi obat sakit gigi yang dijual di apotek umumnya aman. Namun, jika khawatir tentang komplikasi, obat sakit gigi alami dapat dicoba. Beberapa kasus sakit gigi ringan dapat diatasi menggunakan obat sakit gigi alami.

7 Obat Sakit Gigi Alami Terbukti dalam Studi

Berikut rekomendasi obat sakit gigi alami yang dapat Anda coba.

1. Berkumur dengan air garam

Melansir laman National Health Service, air asin dapat melonggarkan kotoran di antara gigi dan bertindak sebagai desinfektan untuk mengurangi peradangan. Menurut penelitian dalam jurnal Plos One, larutan garam atau natrium klorida (NaCl) dipercaya dapat meningkatkan kesehatan gusi dan meningkatkan penyembuhan sariawan.

Cara membuatnya, larutkan setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat. Bilas mulut dengan larutan tersebut, lalu diludahkan, jangan ditelan. Ulangi sesering yang Anda suka.

2. Kompres dengan es

Mengutip Medical News Today, kompres dingin atau kompres es dapat membantu meredakan sakit gigi, terutama jika disebabkan oleh cedera atau gusi bengkak. Seseorang dapat mencoba memegang kompres es di bagian luar pipi di atas gigi yang sakit selama beberapa menit.

Penggunaan kompres dingin dapat menyempitkan pembuluh darah sehingga memperlambat aliran darah ke daerah yang terkena. Ini membantu menghilangkan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan dan peradangan.

3. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh adalah antiseptik alami untuk menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Ini mengandung bahan aktif eugenol yang merupakan anestesi alami. Menurut studi dalam British Journal of Oral and Maxillofacial Surgery, eugenol lebih efektif dalam mengurangi rasa sakit, peradangan, dan infeksi daripada jenis analgesik lainnya.

Efek pereda rasa sakit dapat dirasakan dalam waktu lima sampai 10 menit. Anda dapat mengoleskan kembali setiap dua hingga tiga jam sesuai kebutuhan. Oleskan sedikit minyak cengkeh pada bola kapas dan oleskan ke area yang sakit. Anda juga dapat menambahkan setetes minyak cengkeh ke dalam segelas kecil air dan gunakan untuk kumur sampai bersih.

4. Ekstrak vanila

Menurut laman Mission Bend Family Dentistry, eugenol adalah bahan aktif dalam ekstrak vanila yang bersifat menghilangkan rasa sakit dan telah digunakan secara luas dalam dunia kedokteran gigi.

Tidak hanya itu, ekstrak vanila juga mengandung alkohol yang mampu mematikan rasa pada jaringan mulut. Ekstrak vanila juga dapat membunuh kuman di mulut dan membantu melawan mikroba yang dapat menyebabkan kerusakan gigi.

Namun, seseorang tidak boleh menggunakan ekstrak vanila berlebihan untuk sakit gigi. Gunakan ekstrak vanila dengan mengambil bola kapas dan oleskan ekstrak vanila di atasnya lalu letakkan di area yang sakit.

Jika Anda merasa baik-baik saja, biarkan bola kapas di area yang sakit selama beberapa menit. Jangan digunakan terlalu lama karena  dapat mengiritasi gusi.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...