Obat Sakit Tenggorokan Paling Ampuh untuk Dewasa dan Anak

Image title
2 September 2021, 17:45
Ilustrasi penderita sakit tenggorokan. Obat sakit tenggorokan digunakan untuk meredakan sakit dan nyeri di tenggorokan.
gettyimages/ bymuratdeniz
Ilustrasi penderita sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan dapat terjadi pada siapa pun. Durasi sakit tenggorokan tergantung penyebabnya. Sebagian besar sakit tenggorokan disebabkan oleh virus, tetapi tenggorokan juga bisa menjadi sakit akibat merokok, alergi, polusi udara, atau terlalu banyak berteriak.

Menurut Dr. Septarina Asri Setyawati dalam situs web Kementerian Kesehatan (Kemenkes), sakit tenggorokan biasanya ditandai dengan rasa gatal, perih, tidak nyaman, dan nyeri saat menelan.

Sakit tenggorokan umumnya merupakan gejala dari beberapa penyakit, antara lain radang amandel (tonsillitis), radang pada tenggorokan (faringitis), atau radang pada pita suara (laringitis).

Menurut situs Mayo Clinic, gejala sakit tenggorokan bisa bermacam-macam tergantung penyebabnya. Gejala tersebut adalah:

  • Nyeri atau sensasi gatal di tenggorokan.
  • Rasa sakit yang memburuk saat menelan atau berbicara.
  • Kesulitan menelan.
  • Pembengkakan kelenjar di leher atau rahang.
  • Amandel membengkak dan merah.
  • Bercak putih atau nanah di amandel.
  • Suara serak atau teredam.

Jika sakit tenggorokan timbul karena infeksi, muncul tanda dan gejala lain, meliputi:

  • Demam.
  • Batuk.
  • Pilek.
  • Bersin.
  • Pegal-pegal.
  • Sakit kepala.
  • Mual atau muntah.

Biasanya, sakit tenggorokan ringan dapat hilang dengan sendirinya. Namun, keadaan pandemi membuat Anda harus waspada jika sakit tenggorokan diiringi batuk, demam, dan kehilangan indra penciuman karena gejala tersebut merupakan indikasi Covid-19.

Obat Sakit Tenggorokan Alami

Bahan alami telah banyak diteliti untuk meredakan sakit tenggorokan dan aman dikonsumsi. Berikut obat sakit tenggorokan alami yang dapat digunakan.

1. Madu

Madu yang dicampur dalam teh atau diminum langsung adalah obat sakit tenggorokan alami yang efektif. Satu studi dalam Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine menemukan, madu bahkan lebih efektif dalam meredakan batuk malam hari daripada obat batuk kimia.

Madu adalah penyembuh luka yang efektif sehingga dapat membantu mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit juga merekomendasikan menggunakan madu jika sakit tenggorokan disertai dengan batuk.

2. Cuka Apel

Cuka apel adalah obat untuk meredakan sakit tenggorokan secara alami. Bahan aktif utama cuka apel adalah asam asetat yang membantu melawan bakteri menurut studi dalam jurnal Scientific Reports.

Cuka apel mengandung sejumlah vitamin dan antioksidan yang membantu mempercepat proses penyembuhan. Antioksidan ini juga dapat mengurangi pembengkakan dan sakit tenggorokan.

Minumlah satu cangkir air hangat yang dicampur dengan 1 sendok makan cuka apel dan 1 sendok makan madu.

3. Air Garam

Berkumur dengan air garam adalah obat alami yang terkenal untuk menghilangkan sakit tenggorokan. Garam membantu mengurangi pembengkakan dan membantu membunuh mikroba berbahaya di tenggorokan.

Campurkan 1 cangkir air hangat dengan 1 sendok teh garam dan aduk hingga larut. Berkumurlah dengan selama 30 detik sekali tiap jam.

4. Air Lemon

Air lemon adalah minuman menyegarkan sekaligus obat sakit tenggorokan alami. Lemon mengandung vitamin C dan antioksidan kuat lainnya. Senyawa ini melawan peradangan dan mengurangi stres oksidatif menurut publikasi dalam jurnal Oxidative Medicine and Cellular Longevity.

Mirip dengan air garam dan madu, lemon sangat bagus untuk sakit tenggorokan karena dapat membantu memecah lendir dan meredakan rasa sakit. Campurkan satu sendok teh air lemon ke dalam segelas air hangat. Anda juga dapat menambahkan madu untuk pemanis alami.

5. Jahe

Jahe adalah rempah-rempah dengan efek antibakteri dan anti inflamasi yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Beberapa penelitian laboratorium dalam Journal of Ethnopharmacology menemukan, ekstrak jahe dapat membunuh bakteri dan virus penyebab sakit tenggorokan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...