Cara Menjernihkan Minyak Goreng Bekas Agar Bisa Digunakan Kembali

Siti Nur Aeni
24 Februari 2022, 10:48
Cara Menjernihkan Minyak Goreng Bekas Agar Bisa Digunakan Kembali
ANTARA FOTO/ Irwansyah Putra/pras.
Penggunaan minyak goreng untuk membuat keripik pisang.

Cara menjernihkan minyak goreng perlu diketahui. Pasalnya beberapa waktu terakhir, ketersediaan minyak goreng di pasaran jumlahnya terbatas. Kelangkaan minyak goreng membuat banyak orang akhirnya menggunakan kembali minyak goreng yang sudah digunakan.

Minyak jelantah biasanya memiliki warna yang lebih gelap dan mempunyai aroma tidak sedap. Maka dari itu, perlu dijernihkan terlebih dahulu agar digunakan kembali. Berikut ini beberapa cara membersihkan minyak goreng bekas yang bisa Anda coba.

Cara Menjernihkan Minyak Goreng Bekas

1. Mengendapkan semalaman

Mendiamkan minyak goreng bekas selama semalaman bisa mengendapkan kotoran yang ada di minyak bekas tersebut. Biasanya cara ini dipilih untuk menjernihkan minyak bekas menggoreng bahan berbahan tepung.

Setelah sisa tepung mengendap, pindahkan minyak bekas ke wadah lain dan minyak jelantah bisa digunakan kembali untuk memasak.

2. Menggunakan kentang

Cara menjernihkan minyak goreng juga bisa menggunakan kentang. Anda bisa kupas kentang, potong-potong, dan besihkan kentang tersebut. Kemudian, goreng kentang sampai semua kotoran pada minyak menempel di kentang tersebut.

Angkat kentang setelah semua kotoran pada minyak terangkat. Perlu diketahui bahwa kentang yang digunakan untuk membersihkan minyak jangan dikonsumsi. Sebab kentang tersebut sudah terdapat banyak kotoran yang tidak baik untuk kesehatan.

3. Memanfaatkan serai

Serai juga bisa digunakan untuk menghilangkan aroma tidak sedap yang ada diminyak jelantah. Caranya cukup mudah, Anda bisa memanaskan terlebih dahulu minyak bekas tersebut. Kemudian  memasukkan serai yang sudah digeprek dalam minyak jelantah.

Diamkan serai dalam minyak selama dua jam. Setelah itu, keluarkan serai dan aroma minyak goreng akan hilang. Sehingga minyak bekas bisa digunakan kembali untuk memasak.

4. Menyaring minyak menggunakan kulit pisang

Manfaat buah pisang untuk kesehatan memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun siapa sangka jika kulit pisang juga bisa dimanfaatkan. Kulit pisang ternyata bisa digunakan untuk menjernihkan minyak bekas.

Caranya, potog kulit pisang dan bersihkan kulit pisang hingga halus dan lembut. Setelah itu, letakkan kulit pisang di atas saringan dan letakkan wadah di bawhanya. Tuang minyak bekas ke atas saringan dan biarkan minyak masuk ke wadah tersebut. Secara otomatis, kulit pisang akan memisahkan kotoran pada minyak bekas. Sehingga minyak goreng kembali jernih.

5. Memanfaatkan nasi putih

Selain kaya karbohidrat, nasi putih juga bisa dimanfaatkan untuk menjernihkan minyak goreng bekas. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan segenggam nasi yang sudah dikepalkan sampai padat.

Kemudian masukkan nasi genggam tersebut dalam minyak goreng. Bolak balik dan tekan nasi hingga seluruh kotoran pada minyak menempel ke nasi. Angkat kepalan nasi dan buang nasi yang telah berisi kotoran. Setelah itu, minyak goreng akan jernih kembali dan bisa digunakan untuk memasak.

6. Menggunakan arang halus

Cara menjernihkan minyak goreng juga bisa dengan menggunakan arang yang sudah dihaluskan. Secara alami, arang memiliki sifat yang dapat menyerap kotoran dan residu. Cara menjernihkan minyak jelantah menggunakan arang cukup mudah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...