Manfaat Buah Pisang Kaya Nutrisi dan Cara Mengonsumsinya

Beberapa manfaat pisang dapat dirasakan jika mengonsumsinya secara tepat. Lalu apa saja manfaat buah pisang dan bagaimana cara mengonsumsi buah ini? Yuk simak penjelasan berikut ini.
Image title
16 Agustus 2021, 18:44
Manfaat Buah Pisang yang Kaya Nutrisi dan Cara Mengkonsumsinya
Sang Pisang Instagram
Olahan pisang yang lezat dan bergizi

Buah pisang memiliki banyak manfaat. Kandungan serat, nutrisi, vitamin dan mineral yang lengkap membuat buah ini banyak diburu untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Ada beberapa manfaat pisang yang bisa dirasakan selama mengonsumsinya secara tepat. Lalu apa saja manfaat buah pisang dan bagaimana cara mengonsumsi buah ini? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Manfaat Pisang untuk Menjaga Kesehatan

Apakah Anda suka pisang? Buah tropis yang rasanya cenderung manis ini memang memiliki banyak manfaat dan dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa manfaat tersebut, antara lain;

1. Meningkatkan energi

Pisang memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat inilah yang berperan penting dalam menambah energi dalam tubuh. Dengan memakan pisang sebagai menu sarapan, energi Anda akan terisi dan siap untuk menjalankan aktivitas seharian.

2. Meningkatkan imun tubuh

Kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin B6 yang dimiliki pisang berperan untuk meningkatkan imunitas dan mengatasi infeksi. Imun tubuh yang kuat akan membuat Anda terhindar dari berbagai penyakit.

Advertisement

3. Meminimalisir risiko kanker usus besar

Penyakit kanker usus besar salah satunya bisa dicegah dengan mengonsumsi buah pisang secara rutin. Pisang memiliki kandungan serat dan antioksidan yang cukup tinggi, sehingga bisa membantu Anda menjaga kesehatan organ pencernaan termasuk usus besar.

4. Mencegah darah tinggi

Kandungan kalium dalam pisang memiliki manfaat untuk mencegah darah tinggi. Hal tersebut dikarenakan, pisang memiliki kalium yang berperan penting dalam menjaga tekanan darah agar tidak mudah naik.

5. Mencegah kekurangan darah

Bagi Anda penderita penyakit anemia atau kurang darah, bisa mengkonsumsi buah pisang. Hal ini dikarenakan pisang memiliki zat besi yang bisa membantu tubuh memproduksi sel darah merah yang dibutuhkan tubuh manusia.

6. Membantu proses pemulihan pasca berhenti merokok

Banyak orang menyadari bahwa rokok tidak baik untuk kesehatan tubuh. Menyadari hal tersebut, tidak jarang yang memutuskan untuk berhenti merokok. Sayangnya, setelah berhenti banyak perokok aktif yang membutuhkan waktu lebih untuk melakukan pemulihan.

Dalam hal ini, pisang ternyata bisa menjadi buah untuk pemulihan pasca berhenti merokok. Kandungan vitamin B, kalium, dan magnesium yang tinggi di buah berwarna kuning itu berperan penting dalam memulihkan kondisi pasca berhenti merokok.

Menu Makanan Sehat Dari Buah Pisang

Kita sudah mengetahui bahwa manfaat pisang ini sangatlah banyak. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa mengonsumsi buah pisang secara langsung atau diolah menjadi produk turunan yang tak kalah lezatnya. Berikut beberapa makanan olahan pisang yang bisa Anda pilih agar tidak bosan saat mengonsumsi buah kaya nutrisi ini.

1. Smoothies

Menu sehat satu ini bisa dibuat dengan menggunaka pisang. Untuk membuatnya sangatlah mudah. Anda bisa membekukan terlebih dahulu buah pisang. Setelah membeku, Anda bisa langsung blender buah pisang bersama dengan yoghurt tanpa rasa dan madu. Apabila masih kurang dingin, Anda bisa menambahkan es batu.

2. Pisang goreng

Olahan ini mungkin sudah sangat familiar. Namun rasanya tidak pernah mengecewakan. Untuk mengolah pisang goreng sangat mudah. Anda bisa melumuri pisang dengan tepung cair yang sudah dicampur dengan gula kemudian goreng sampai berwarna coklat keemasan. Pisang goreng bisa disajikan bersama teh atau coklat hangat yang akan membuat Anda semakin rileks.

3. Es krim pisang

Es krim pisang juga bisa menjadi makanan sehat. Biasanya es krim ini akan ditambah dengan madu atau susu sehingga kandungan nutrisi di dalamnya akan semakin lengkap. Punya rasa nikmat, es krim pisang bisa menjadi salah satu olahan bagi anak-anak yang kurang suka menyukai pisang.

4. Pisang bakar

Untuk mendapatkan manfaat buah pisang juga bisa dilakukan dengan mengolahnya menjadi pisang bakar. Cara ini dipercaya lebih sehat karena tidak menggunakan minyak. Pisang bakar bisa ditambah dengan topping keju atau coklat sehingga kandungan nutrisinya akan bertambah. Namun, bagi Anda yang sedang hamil, alangkah baiknya untuk menghindari makanan ini, sebab makanan yang diolah dengan cara dibakar kurang direkomendasikan untuk ibu hamil.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait