Manfaat Buah Pisang Kaya Nutrisi dan Cara Mengonsumsinya

Siti Nur Aeni
16 Agustus 2021, 18:44
Manfaat Buah Pisang yang Kaya Nutrisi dan Cara Mengkonsumsinya
Sang Pisang Instagram
Olahan pisang yang lezat dan bergizi

Buah pisang memiliki banyak manfaat. Kandungan serat, nutrisi, vitamin dan mineral yang lengkap membuat buah ini banyak diburu untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Ada beberapa manfaat pisang yang bisa dirasakan selama mengonsumsinya secara tepat. Lalu apa saja manfaat buah pisang dan bagaimana cara mengonsumsi buah ini? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Manfaat Pisang untuk Menjaga Kesehatan

Apakah Anda suka pisang? Buah tropis yang rasanya cenderung manis ini memang memiliki banyak manfaat dan dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa manfaat tersebut, antara lain;

1. Meningkatkan energi

Pisang memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat inilah yang berperan penting dalam menambah energi dalam tubuh. Dengan memakan pisang sebagai menu sarapan, energi Anda akan terisi dan siap untuk menjalankan aktivitas seharian.

2. Meningkatkan imun tubuh

Kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin B6 yang dimiliki pisang berperan untuk meningkatkan imunitas dan mengatasi infeksi. Imun tubuh yang kuat akan membuat Anda terhindar dari berbagai penyakit.

3. Meminimalisir risiko kanker usus besar

Penyakit kanker usus besar salah satunya bisa dicegah dengan mengonsumsi buah pisang secara rutin. Pisang memiliki kandungan serat dan antioksidan yang cukup tinggi, sehingga bisa membantu Anda menjaga kesehatan organ pencernaan termasuk usus besar.

4. Mencegah darah tinggi

Kandungan kalium dalam pisang memiliki manfaat untuk mencegah darah tinggi. Hal tersebut dikarenakan, pisang memiliki kalium yang berperan penting dalam menjaga tekanan darah agar tidak mudah naik.

5. Mencegah kekurangan darah

Bagi Anda penderita penyakit anemia atau kurang darah, bisa mengkonsumsi buah pisang. Hal ini dikarenakan pisang memiliki zat besi yang bisa membantu tubuh memproduksi sel darah merah yang dibutuhkan tubuh manusia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...