Kandungan, Bahaya, dan Manfaat Kentang untuk Kesehatan

Dwi Latifatul Fajri
1 Oktober 2021, 16:07
Manfaat kentang
pixabay.com

Kentang merupakan sayuran yang biasa dikonsumsi sebagai makanan pokok.  Sayuran ini termasuk umbi yang tumbuh dibawah tanah. Harga kentang relatif murah dan mudah dimasak.

Jenis umbi ini memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh seperti sumber energi, memperlancar pencernaan, dan baik untuk ibu hamil.  Kentang beserta kulitnya mengandung banyak lemak, kalori, dan rendah sodium. Jika dimasak dengan tepat, kentang bisa menjadi makanan lezat dan sehat.

Advertisement

Kandungan Kentang

Kentang mengandung kalori dan karbohidrat tinggi. Mengutip dari healthline.com, dalam satu kentang panggang berukuran 173 gram mengandung:

  • Kalori: 161 kal.
  • Lemak: 0,2 gram.
  • Protein: 4,3 gram.
  • Karbohidrat: 36,6 gram.
  • Serat: 3,8 gram.
  • Vitamin C: 28% dari dari asupan diet yang direkomendasikan atau Recommended Dietary Intake (RDI).
  • Vitamin B6: 27% dari RDI.
  • Kalium: 26% dari RDI.
  • Mangan: 19% dari RDI.
  • Magnesium: 12% dari RDI.
  • Fosfor: 12% dari RDI.
  • Niacin: 12% dari RDI.
  • Folat: 12% dari RDI.

Kandungan nutrisi ini bisa bervariasi tergantung jenis dan varietas kentang. Jika Anda menggoreng kentang akan lebih banyak kandungan lemak dan kalori daripada dipanggang.

Kulit kentang juga mengandung vitamin dan mineral bagi tubuh. Jika Anda mengupas kentang dapat mengurangi kandungan nutrisi didalamnya.

Manfaat Kentang Untuk Ibu Hamil

Kentang memiliki nutrisi yang baik di masa kehamilan. Namun, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi kentang. Melansir laman parenting.firstcry.com, berikut manfaat kentang untuk ibu hamil:

1. Vitamin B dan C

Kandungan vitamin ini bisa membantu menyembuhkan luka dan meningkatkan kekebalan. Selama kehamilan zat besi pada kentang membantu penyerapan nutrisi.

2. Mengurangi Keasaman

Kentang baik untuk ibu hamil yang memiliki masalah pencernaan dan keasaman. Satu porsi kentang tumbuk bisa membantu mengurangi keasaman lambung. Selain itu kentang tumbuk mudah dicerna dan dimakan.

3. Sumber Folat yang Baik

Asam folat pada kentang baik untuk perkembangan otak janin dan sistem saraf. Asam folat bisa membantu tahap awal perkembangan kehamilan dan mengurangi kemungkinan keguguran.

4. Tinggi Energi

Kandungan karbohidrat pada kentang menjadi sumber energi yang baik untuk ibu hamil. Namun, jika Anda sedang diet, penting untuk tetap aktif dan berolahraga untuk mencegah kenaikan berat badan.

Bahaya makan kentang untuk ibu hamil

Selama kehamilan, Anda perlu menjaga pola makan dan mengkonsumsi makanan sehat. Namun, perlu diperhatikan nutrisi pada kentang bisa berisiko. Risiko makan kentang berlebih atau gejala alergi.

Kentang yang memiliki bintik-bintik hijau mengandung senyawa glycoalkaloids, alpha-solanine, dan alpha-chaconine. Senyawa tersebut bisa menimbulkan masalah pencernaan seperti diare dan muntah.

Kentang hijau ini bisa menimbulkan keracunan jika dikonsumsi ibu hamil. Selain itu, wanita hamil yang mengkonsumsi kentang berlebih bisa memicu obesitas/kegemukan.

Selama hamil, dianjurkan untuk menghindari kentang yang digoreng dan dipanggang memakai keju atau mentega. Cara memasak tersebut bisa memicu gestasional atau menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak sehat. Cobalah memasak kentang direbus dan dikukus kemudian tambahkan sedikit bumbu untuk meningkatkan rasa.

Manfaat kentang untuk kesehatan

Kentang memiliki berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Berikut beragam manfaat kentang, mengutip dari medicalnewstoday.com:

1. Kesehatan jantung

Kentang mengandung serat, kalium, potassium, vitamin C, dan vitamin B6. Serat membantu menurunkan kolesterol dalam darah sehingga mengurangi resiko penyakit jantung. Kandungan lainnya juga berperan sama.

Sebuah penelitian berdasarkan National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES) atau Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional, menemukan asupan kalium lebih tinggi dan asupan natrium lebih rendah bisa menurunkan resiko penyakit jantung.

2. Kesehatan tulang

Besi dan seng membentuk memproduksi dan pematangan kolagen. Fosfor dan kalsium pada kentang penting untuk membangun struktur tulang. Kentang mengandung zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, dan seng untuk mempertahankan kekuatan tulang.

3. Tekanan darah

Kalium, kalsium, dan magnesium semuanya ada dalam kentang. Kalium dapat membantu pelebaran pembuluh darah. Sementara itu asupan natrium penting untuk menjaga tekanan darah supaya tetap sehat.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement