Cara Menebalkan Rambut Agar Tampak Indah dan Menawan

Image title
12 Juli 2022, 10:31
cara menebalkan rambut
Pexels/Deena
Ilustrasi, seseorang perempuan yang memiliki rambut tebal.

Cara menebalkan rambut saat ini menjadi salah satu topik bagi banyak kalangan. Tidak hanya bagi seseorang yang telah masuk ke usia senja, namun juga banyak anak muda yang sudah bermasalah dengan kondisi ketebalan rambut mereka.

Patut diingat, bahwa tekstur dan ketebalan rambut setiap orang bisa berbeda-beda, tergantung faktor keturunan, usia, hormon, asupan nutrisi, hingga kebiasaan menata rambut. Selain itu, tekstur rambut ini, terkadang juga bisa berubah karena efek samping ketika seseorang mengonsumsi obat-obatan atau memiliki penyakit tertentu.

Rambut yang tipis dan mudah rontok kerap menimbulkan rasa tidak nyaman. Nah, untuk mengatasinya, ada berbagai cara menebalkan rambut. Tak hanya baik untuk kesehatan rambut, beberapa cara ini juga baik untuk memelihara kesehatan kulit kepala.

Berikut ini sejumlah solusi yang bisa digunakan agar rambut kembali lebat dan mengkilau, yang bisa dilakukan oleh laku-laki maupun perempuan, dilansir Hallo Sehat dan Alodokter.

Cara Menebalkan Rambut

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menebalkan rambut. Beberapa cara ini harus dilakukan secara teratur, serta menghindari beberapa gaya hidup yang tidak sehat.

Secara umum, ada lima cara menebalkan rambut yang bisa menjadi referensi. Kelima cara tersebut, antara lain:

1. Menggunakan Sampo Sesuai Kondisi Rambut dan Kulit Kepala

Cara menebalkan rambut yang satu ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mencegah rambut menipis, yakni memilih sampo yang tepat. Sampo merupakan produk perawatan untuk membersihkan kulit kepala dan kotoran, sebum, serta keringat.

Tidak hanya itu, beberapa sampo juga dapat membantu melembutkan rambut dan membuatnya tampak tebal. Hanya saja, Anda perlu memilih sampo sesuai dengan jenis rambut agar tidak mengalami kerontokan parah hingga rambut tampak tipis.

Sebaiknya dipastikan rambut sudah dalam kondisi ternutrisi dan sehat. Hal ini dapat diawali dengan menggunakan rangkaian perawatan rambut yang memiliki kandungan pro-vitamin.

2. Memilih Kondisioner yang Tepat

Selain sampo, kebiasaan mencuci rambut yang ternyata tidak boleh dilewatkan yaitu menggunakan kondisioner rambut. Pemakaian kondisioner secara rutin dapat memperbaiki tampilan rambut yang rusak dan menipis.

Hal ini dikarenakan kondisioner dapat membantu menambah volume dan kilau pada rambut. Bahkan, kondisioner juga bermanfaat dalam melindungi rambut dari paparan sinar ultraviolet yang dapat merusak folikel rambut. Itu sebabnya, penggunaan kondisioner tidak boleh dilewatkan bila seseorang ingin memiliki rambut yang tebal.

3. Keramas dengan Benar

Setelah berhasil memilih sampo dan kondisioner yang tepat, jangan lupa untuk mencuci rambut dengan benar. Cara menebalkan rambut yang satu ini bertujuan menghindari kerontokan rambut yang semakin parah.

Aturan mencuci rambut atau keramas yang paling umum, adalah sebagai berikut.

  • Tidak keramas lebih dari satu kali dalam sehari.
  • Gunakan sampo dan kondisioner secukupnya.
  • Hindari menggunakan air yang sangat panas atau sangat dingin.
  • Usai mencuci rambut, perlu mengeringkannya dengan benar.
  • Usahakan untuk tidak menggosok rambut basah terlalu kencang dengan handuk.

Apabila memungkinkan, pakai sisir bergigi lebar untuk melepaskan helaian yang kusut. Namun, tidak dianjurkan menyisir rambut dalam keadaan basah, sehingga mungkin dapat menunggu hingga rambut setengah kering.

4. Merawat Kondisi Rambut Secara Keseluruhan

Pada dasarnya, cara menebalkan rambut juga perlu didukung dengan menjaga kesehatan rambut secara keseluruhan. Merawat kesehatan rambut dan kulit kepala dapat dilakukan dengan enam cara, antara lain:

  • Atur alat penata rambut dengan suhu terendah atau sesuai kebutuhan.
  • Biarkan rambut mengering bila memungkinkan.
  • Hindari mewarnai rambut terlalu sering.
  • Pijat kulit kepala secara rutin untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.
  • Potong rambut secara teratur untuk mencegah ujung rambut bercabang.

5. Mengonsumsi Makanan Bergizi dan Kaya Nutrisi

Perlu diketahui bahwa sebenarnya apa yang dikonsumsi seseorang, akan berdampak langsung terhadap kesehatan rambut, termasuk pertumbuhannya. Hal itu terbukti apabila pola makan yang sehat bergizi dan kaya akan vitamin baik untuk menumbuhkan rambut.

Dalam sejumlah ulasan artikel ilmiah disebutkan bahwa salah satu pertanda bahwa tubuh kekurangan nutrisi yang dibutuhkan yaitu rambut yang menipis. Oleh sebab itu, tidak heran bila perawatan rambut yang Anda lakukan perlu diimbangi dengan pola makan yang sehat.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...