10 Gejala Gagal Ginjal pada Anak yang Harus Diwaspadai Orang Tua

Tifani
Oleh Tifani
24 Oktober 2022, 12:59
gejala gagal ginjal pada anak
ANTARA FOTO/Ampelsa/hp.
ILustrasi, Dokter mengecek kondisi pasien anak penderita gagal ginjal akut di ruang Pediatrik Intensive Care Unit (PICU) Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin, Banda Aceh, Aceh, Jumat (21/10/2022).

Penyakit ginjal tidak hanya menyerang orang dewasa, tetapi juga dapat dialami anak-anak, seperti yang tengah menjadi perbincangan saat ini. Gagal ginjal sendiri merupakan kondisi ketika ginjal mengalami kerusakan atau penurunan fungsi.

Mengutip dari situs resmi University of Rochester Medical Center, penyakit ginjal adalah kerusakan ginjal yang menurunkan fungsi organ tersebut. Kondisi ini dapat terjadi dalam jangka pendek sampai permanen.

Gejala Gagal Ginjal pada Anak

Dilansir dari laman hellosehat.com, ada beberapa keluhan atau gejala gagal ginjal pada anak yang harus diwaspadai orang tua. Berikut beberapa gejala gagal ginjal pada anak yang perlu diwaspadai

1. Muntah-muntah dan Tidak Nafsu Makan

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), anak yang fungsi ginjalnya menurun drastis, umumnya mengalami gejala seperti mual, muntah-muntah parah, dan tidak nafsu makan. Kondisi ini dipengaruhi peningkatan kadar ureum di dalam darah.

2. Pucat

Penderita gagal ginjal pada anak biasanya juga terlihat pucat. Hal itu disebabkan rusaknya ginjal menurunkan produksi sel darah merah secara signifikan. Akibatnya, anak mengalami anemia berat.

3. Badan Lemas dan Kelelahan

Orangtua juga perlu waspada jika anak sering lemas dan badannya sering kelelahan, padahal aktivitas fisik minim dan sudah cukup istirahat. Penderita gagal ginjal bisa merasa kelelahan karena penumpukan ureum di dalam darah.

4. Urin Tidak Keluar atau Kencing Berlebihan

Dilansir dari Children’s Hospital of Philadelphia, urine tidak keluar atau kencing berlebihan juga bisa jadi salah satu gejala gagal ginjal pada anak yang sifatnya akut dan kronis. Di beberapa kasus, urine ini berwarna merah.

5. Beberapa Bagian Tubuh Bengkak

Ketika ginjal tidak bisa berfungsi optimal, cairan bakal menumpuk di beberapa bagian tubuh. Pembengkakan ini bisa terlihat di wajah dan bagian tubuh lainnya.

6. Muncul Benjolan di Perut

Tanda gagal ginjal pada anak lainnya, yakni muncul massa atau benjolan di perut atau kandung kemih. Benjolan ini bisa terasa ketika diraba.

7. Kulit Kering dan Gatal

Ginjal tidak hanya berperan dalam menyaring dan mengeluarkan limbah dari tubuh, tetapi juga menyeimbangkan mineral di dalam darah serta menjaga kesehatan tulang. Ketika fungsi ginjal terganggu, organ ini akan berhenti menyimbangkan mineral dalam darah.

Kondisi ini membuat tubuh kelebihan mineral sehingga menyebabkan kulit menjadi kering dan gatal. Itu sebabnya, saat anak mengalami keluhan berupa kulit kering dan gatal, disertai keluhan gejala gagal ginjal stadium awal lainnya, lakukan pemeriksakan ke dokter untuk memastikan penyebab, agar mendapatkan penanganan yang sesuai.

8. Sulit Tidur

Proses penyaringan kotoran di ginjal yang tidak optimal akan menyebabkan terjadinya penumpukan racun di dalam darah. Kondisi ini akhirnya akan menimbulkan gejala gagal ginjal stadium awal berupa kesulitan untuk tidur.

Selain itu, gagal ginjal stadium awal juga bisa meningkatkan risiko penderitanya mengalami sleep apnea serta obesitas.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...