4 Manfaat Infused Water sebagai Pengganti Air Putih bagi Kesehatan

Destiara Anggita Putri
17 November 2022, 19:16
Manfaat Infused Water
Unsplash
Ilustrasi, infused water.

Belakangan ini, infused water menjadi minuman yang populer karena dianggap dapat melengkapi gaya hidup sehat. Selain itu, minuman ini juga sering diminum sebagai alternatif bagi mereka yang tidak suka atau bosan minum air putih.

Hal in dikarenakan infused water merupakan campuran antara air putih dengan irisan buah atau sayuran, yang membuatnya lebih nikmat diminum. Selain itu, campuran ini juga membuat minuman ini kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan. Beberapa kandungan tersebut, bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Lantas, apa saja manfaat kesehatan lainnya dari infused water? Berikut ini informasi mengenai empat manfaat infused water bagi kesehatan tubuh Anda.

1. Memenuhi Kebutuhan Cairan

Manfaat utama dari infused water tentunya untuk membantu Anda memenuhi kebutuhan cairan. Minuman ini juga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang jenuh minum air putih atau makan buah-buahan.

Biasanya banyak orang yang tidak suka minum air putih lebih memilih untuk mengkonsumsi minuman yang memiliki rasa seperti kopi, teh, atau minuman ringan kemasan. Namun kandungan kafein pada minuman ini justru hanya akan membuat tubuh semakin  kekurangan cairan. Selain itu, minuman  ini juga mengandung kadar gula dan kalori yang tinggi yang dapat menyebabkan diabetes

Jika Anda ingin hidup lebih sehat, cobalah minum infused water sebagai pengganti  sementara air putih . Anda bisa menambahkan irisan buah atau sayuran untuk memberikan rasa dan aroma pada air putih sehingga lebih bersemangat untuk meminumnya.

Anda bisa memilih buah dan sayuran seperti lemon dan mentimun yang mengandung elektrolit untuk menghidrasi tubuh.

Infused water juga sangat direkomendasikan untuk ibu hamil.untuk mencegah dehidrasi yang rentan terjadi selama masa kehamilan. Jika mengalami kekurangan cairan, maka ibu hamil akan berpotensi mengalami komplikasi kehamilan serius seperti kelahiran prematur dan cacat bayi.

2. Mendukung Proses Detoksifikasi

Minum infused water juga daoat menduung prosed detoksifikasi. Campuran buah-buahan segar atau rempah pada minuman ini dikenal bermanfaat sebagai air detoks. Dengan demikian, minuman ini  bisa membantu  tubuh dalam proses pembuangan racun penyebab penyakit dalam tubuh. 

Walaupun tubuh sebenarnya bisa membuang racun sendiri, namun infused water dapat menantu meningkatkan asupan air sehingga mempermudah proses pembuangan racun melalui urine. 

Selain mendukung proses detoksifikasi, infused water juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah Anda dari sel kanker. Hal ini dikarenakan buah-buahan dan sayuran  yang ditambahkan dalam minuman ini mengandung antioksidan tinggi sehingga bisa menjaga tubuh dari radikal bebas.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...