Warga Miskin, Pekerja Informal & Ojol Dapat Bantuan Tunai Efek Corona

Dimas Jarot Bayu
26 Maret 2020, 13:24
Warga Miskin dan Pekerja Informal Bakal Dapat Bantuan Tunai Efek Corona
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Ilustrasi, seorang bocah berada di jendela rumahnya di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (21/2/2020).

Pemerintah berencana memberikan bantuan langsung tunai (BLT) untuk mengantisipasi penurunan daya beli masyarakat akibat pandemi corona. Ada dua kelompok masyarakat yang akan mendapatkan BLT yakni warga miskin dan pekerja informal, seperti pengemudi ojek online.

Sekretaris Kementerian Koordinator bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan, ada 40% rumah tangga termiskin di Indonesia atau sekitar 29,3 juta. “Kami akan alokasikan dalam bentuk bantuan langsung tunai,” kata dia di Gedung BNPB, Jakarta, Kamis (26/2).

Advertisement

Jumlah masyarakat termiskin itu mengacu pada data Kementerian Sosial. Pembagian BLT akan dilakukan bertahap. Pada tahap awal, bantuan langsung tunai diberikan kepada 15,2 juta orang.

Angka tersebut berdasarkan data penerima bantuan pangan non-tunai (BPNT). “Ada 14,1 juta masyarakat sedang dihitung kembali untuk BLT masyarakat termiskin," kata Susiwijono. 

(Baca: Pendapatan Anjlok 70%, Asosiasi Ojol Minta Kelonggaran Kredit Motor)

Pekerja di sektor informal seperti pemilik warung, pengemudi ojek online hingga pegawai harian di pusat perbelanjaan juga akan mendapatkan bantuan langsung tunai.  Saat ini, pemerintah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menghitung secara detail jumlah pekerja di sektor ini. 

Pemerintah juga meminta data dari Gojek, Grab, dan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) terkait jumlah pekerja di sektor informal. “Kami akan data agar mereka bisa mendapatkan bantuan langsung tunai,” kata Susiwijono.

Pemberian BLT untuk pekerja di sektor formal akan melalui skema Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BP Jamsostek). Jumlah bantuan melalui BP Jamsostek mencapai Rp 1 juta per orang dengan insentif tambahan Rp 1 juta setiap empat bulan.

(Baca: Jakarta Darurat Corona, Anies Janjikan Bantuan untuk Pekerja Infomal)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement