SKK Migas Prediksi Potensi Cadangan Gas Blok Mahakam Masih Ada 10 TCF

Image title
25 September 2019, 18:57
SKK Migas, Pertamina, Blok Mahakam
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi, pekerja beraktifitas di Lapangan Senipah, Peciko dan South Mahakam (SPS), Blok Mahakam. SKK Migas menyatakan masih ada potensi gas sebesar 10 TCF di blok tersebut.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyampaikan potensi cadangan gas Blok Mahakam masih cukup besar. Wakil Kepala SKK Migas Fatar Yani Abdurrahman menyebut setidaknya ada potensi sebesar 10 triliun kaki kubik (TCF) di blok migas tersebut.

Namun dari potensi sebesar itu, Pertamina Hulu Mahakam (PHM) baru dapat menemukan cadangan terbukti sebesar 2 TCF. "PHM ada 10 TCF cadangannya dan baru mau di unlock sekitar 2 TCF. Sisanya mesti dicari cara agar ekonomis," ujar Fatar kepada Katadata.co.id, Rabu (25/9).

Advertisement

Lebih lanjut Fatar mengatakan PHM tengah mempelajari sisa potensi cadangan di Blok Mahakam. Sebab, tidak mudah untuk membuktikan potensi cadangan migas. "Yang 2 TCF saja perlu effort besar. Saya yakin PHM pasti sedang mempelajari itu," ujar Fatar.

(Baca: Pertamina Hemat Biaya 37% dengan Pengeboran Tanpa Rig di Blok Mahakam)

PHM pun telah memulai pengadaan alat untuk kegiatan pengeboran sumur eksplorasi di Blok Mahakam pada tahun depan. Pengeboran sumur eksplorasi dilakukan untuk menemukan cadangan migas baru.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement