Komnas KIPI Sebut 30 orang Meninggal Dunia Usai Terima Vaksin Covid-19

Ameidyo Daud Nasution
20 Mei 2021, 20:37
vaksin, covid-19, komnas KIPI, virus corona
ANTARA FOTO/Syaiful Arif/hp.
Vaksin COVID-19 Astrazeneca sebelum diberikan kepada warga di Kecamatan Kota Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Senin (22/3/2021). Vaksinasi COVID-19 AstraZeneca perdana secara massal diberikan kepada sekitar 2500 orang tokoh agama serta tokoh masyarakat Kabupaten Jombang yang disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) menyampaikan penyebab adanya 30 kasus kematian usai pemberian vaksin Covid-19. Sebanyak 27 orang meninggal usai menerima vaksin Sinovac, sedangkan 3 meninggal usai mendapatkan suntikan AstraZeneca.

Ketua Komnas KIPI Hindra Irwan Satari mengatakan dari pemeriksaan, kematian 27 orang penerima Sinovac tak terkait vaksin tersebut. Sebanyak 10 orang meninggal akibat Covid-19 sebelum kekebalan terbentuk, 14 karena sakit jantung, satu menderita gangguan fungsi ginjal, dan dua karena diabetes mellitus.

“Diagnosanya lengkap, dirawat dan ada CT scan-nya,” kata Hindra saat rapat dengan Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Kamis (20/5).

Untuk AstraZeneca, Hindra awalnya menyampaikan bahwa dirinya lupa data kematian penerima vaksin tersebut.  Meski demikian dari informasi yang diterima, ada kematian tiga orang setelah menjalani vaksinasi.

Kasus pertama adalah pemuda 22 tahun di Buaran yang meninggal satu hari setelah disuntik. Sebelum mengembuskan napas terakhir, pemuda tersebut sempat mengalami demam tinggi.

Namun Hindra mengatakan kondisi tersebut sulit diketahui lantaran sang pemuda tak datang ke dokter atau rumah sakit.  Usai berdiskusi dengan keluarga orang tersebut,  Komnas KIPI akan melakukan autopsi.

“Sulit menentukan karena tidak pernah diperiksa, namun sulit menyatakan tak terkait karena untuk AstraZeneca (pernah) ada (kasus) blood clot (pembekuan darah),” katanya.

Kejadian kedua adalah pengendara ojek online berusia 60 tahun yang meninggal beberapa hari usai menerima vaksin. Ia sebelumnya tak diperiksa sebelum mendapatkan suntikan dan mengalami sesak napas sehari kemudian.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...