Surat Al Kautsar: Arti dan Kandungannya

Image title
9 November 2021, 13:41
Ilustrasi melafazkan surat Al Kautsar.
ANTARA FOTO/Rahmad/rwa.
Ilustrasi melafazkan surat Al Kautsar.

Surat Al Kautsar merupakan surat ke 108 dalam Al Quran yang tergolong dalam surat Makiyyah karena diturunkan di Mekah. Surat ini hanya terdiri dari tiga ayat sehingga menjadi surat terpendek yang pernah diturunkan Allah SWT.

Surat Al Kautsar memiliki arti nikmat yang banyak. Surat ini memaparkan bagaimana Allah memberikan karunianya kepada para penghuni surga. Di samping itu, Al Kautsar berisi perintah untuk mendirikan salat dan berkurban.

Berdasarkan buku "At-Tadzkir: Metode Menghafal Juz 'Amma (2020)" disimpulkan bahwa surat ini dianugerahkan pada Rasulullah SAW untuk memberikan banyak kebaikan kepada Nabi SAW di dunia dan akhirat.

Selain itu, Al Kautsar menegaskan akan terputusnya nikmat kebaikan dunia dan akhirat bagi orang-orang yang memusuhi Nabi Muhammad SAW.

Surat Al Kautsar dan Artinya

اِنَّآ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَۗ

innā a'ṭainākal-kauṡar
Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak.

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ

fa ṣalli lirabbika wan-ḥar
Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).

اِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْاَبْتَرُ

inna syāni`aka huwal-abtar
Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah).

Mengutip jurnal "Pelajaran Dari Surat Al Kautsar" oleh Syaikh Amin bin Abdullah asy-Syaqawi, Diriwayatkan oleh Imam Muslim dan Ahmad sebuah hadis dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, beliau menceritakan: "Pernah suatu ketika Rasulallah Shalallahu ‘alaihi wa sallam tidur ringan (seperti kantuk), kemudian beliau mengangkat kepalanya sembari tersenyum.

Lalu beliau ditanya oleh para sahabat: "Kenapa Anda tertawa, wahai baginda Rasul?" Maka Rasulallah Shalallahu ‘alaihi wa sallam menjawab:  "Sesungguhnya baru turun padaku wahyu yang membawa surat." Kemudian beliau membaca:

"Bismillahirahmanirahim: Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang  banyak". sampai akhir surat. Lalu beliau bertanya: "Tahukah kalian apa itu al-Kautsar?" Mereka menjawab: "Allah Shubhanahu wa ta’alla dan Rasul -Nya yang lebih mengetahui. Beliau bersabda: "Dia adalah sungai yang telah Allah Shubhanahu wa ta’alla anugerahkan kepadaku di dalam surga."

Di dalamnya ada kebaikan yang sangat banyak, yang akan didatangi oleh umatku kelak pada hari kiamat. Bejana untuk minum darinya sebanyak bintang di langit. Akan ada seseorang yang diusir di kalangan mereka. Maka aku berkata: "Wahai Rabbku, sesungguhnya dia pengikutku! Dikatakan padaku: "Sesungguhnya engkau tidak mengetahui apa yang mereka perbuat dari perkara baru (dalam agama) setelahmu". (HR Muslim no: 400. Ahmad 19/54-55 no: 11996).

Kandungan Surat Al Kautsar

Salah satu tafsir sahih menyebutkan bahwa nama Al Kautsar diambil dari nama telaga di surga. Barangsiapa yang mengamalkan surat ini secara rutin maka Allah mengizinkannya untuk mencicipi air dari telaga tersebut.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...