Jokowi Minta ASN Keluar dari Zona Nyaman dan Lebih Produktif

Rizky Alika
28 Januari 2022, 19:32
jokowi, asn, birokrat
Sekab.go.id
Pemerintah akan memulai pelaksanaan vaksinasi dosis lanjutan atau booster pada tanggal 12 Januari 2022 dengan prioritas bagi lansia dan kelompok rentan. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memutuskan bahwa vaksinasi ini diberikan secara gratis kepada masyarakat Indonesia.\

Produktivitas Aparatur Sipil Negara (ASN) masih menjadi tantangan. Presiden Joko Widodo pun menilai warisan budaya masa lalu menyebabkan ASN kurang produktif.

"Sudah sangat lama ASN berada pada zona nyaman, terbelenggu oleh warisan budaya birokrasi feodal sehingga menjadikan ASN kurang produktif," kata Jokowi dalam Musyawarah Nasional IX Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) yang diikuti secara daring, Jumat (28/1).

Kepala Negara pun menilai, budaya feodal tersebut harus berubah secara total. Untuk itu, ASN harus keluar dari zona nyaman serta bekerja secara profesional.

Presiden meminta, ASN dapat melaksanakan kewenangannya dengan untuk kepentingan masyarakat. Selain itu, birokrat diminta tak hanya hadir di tengah rakyat, tapi juga memberikan dampak nyata yakni memberikan solusi, melindungi, hingga memenuhi hak masyarakat.

Selain itu, ASN diharapkan dapat menghilangkan ego sektoral. Sebab, banyak permasalahan yang tidak bisa diselesaikan oleh satu kementerian/lembaga tertentu.

"Kolaborasi lintas organisasi, lintas daerah, lintas ilmu, lintas profesi adalah kunci menghadapi tantangan masa depan," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...