Jokowi Luncurkan Bor Terowongan MRT HI-Kota, Akan Tembus 7 Stasiun

Rizky Alika
24 Februari 2022, 19:26
mrt, jokowi, kereta, bor
Katadata
Presiden Joko Widodo saat meluncurkan mesin bor MRT Fase 2 di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Kamis (24/2). Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

PT MRT Jakarta telah melanjutkan pembangunan fase 2A, yaitu koridor Bundaran HI-Kota. Presiden Joko Widodo pun meluncurkan mesin bor terowongan (tunnel boring machine) proyek Moda Raya Terpadu (MRT) Fase 2A pada hari ini (24/2).

"Pada hari ini kita akan memulai (pembangunan) dari Bundaran HI menuju ke Kota. Ada tujuh stasiun yang nanti akan dilewati," kata Jokowi di area Stasiun Bundaran HI, Jakarta Pusat, Kamis (24/2).

Stasiun itu meliputi Stasiun Thamrin Stasiun Monas, Stasiun Harmoni, Stasiun dan Sawah Besar. Kemudian, ada Stasiun Mangga Besar, Stasiun Glodok, dan Stasiun Kota. Dengan pembangunan Fase 2A, Kepala Negara berharap MRT dapat melanjutkan pembangunan Fase 2B, yaitu koridor Kota-Ancol.

Selain itu, Kepala Negara meminta studi kelayakan East-West Line serta koridor Fatmawati-Taman Mini Indonesia Indah (TMII) segera diselesaikan. Dengan demikian, DKI Jakarta memiliki transportasi yang modern dan terintegrasi.

"Sehingga DKI Jakarta betul-betul memiliki subway, memiliki MRT, memiliki LRT, memiliki TransJakarta yang terintegrasi dengan semua moda yang ada,” ujar Mantan Wali Kota Solo itu.

Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar mengatakan jalur koridor Bundaran HI-Kota memiliki panjang 6 kilometer. Nantinya, jalur itu akan diluncurkan dalam dua segmen.

Segmen pertama ialah Bundaran HI-Harmoni yang direncanakan beroperasi pada Maret 2025. "Kemudian fase kedua Harmoni-Kota beroperasi 2 Agustus 2027," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...