Survei Charta Politika: PDIP Terpopuler di Jateng, Kaltim, dan NTT

Image title
14 April 2022, 22:45
Ilustrasi kampanye partai politik
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho
Ilustrasi kampanye partai politik

Penelitian lembaga survei Charta Politika Indonesia menyimpulkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memiliki elektabilitas tertinggi di Jawa Tengah (Jateng), Kalimantan Timur (Kaltim), dan Nusa tenggara Timur (NTT), jika Pemilihan Umum (Pemilu) digelar pada Februari dan Maret lalu. 

PDIP mendapatkan elektabilitas tertinggi di Jawa Tengah dengan dukungan 46% responden. Sementara di posisi kedua ada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan 11,2%. Selanjutnya Partai Gerindra menempati urutan tiga dengan 6,6%, dan Golkar dengan 4,7% di posisi empat.

"Dalam simulasi partai politik, PDIP masih menjadi partai yang paling mendominasi di Jawa Tengah," jelas Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya menjelaskan hasil survei, Kamis (14/4).

Berikutnya secara berurutan adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan 3,4%, lalu Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 2,4% responden, Partai Demokrat 2,3% responden, Partai Amanat Nasional (PAN) dengan 1,7%, lalu Nasional Demokrat (Nasdem) 1,5% dan Persatuan Indonesia (Perindo) dengan 0,8%.

Sementara Partai Ummat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) masing-masing dengan 0,1%. Sisanya, sekitar 19,1% masyarakat Jawa Tengah belum menentukan pilihan.

Di Kaltim, PDIP juga mendapatkan elektabilitas tertinggi dengan 18%, tetapi bersaing ketat dengan Golkar di urutan kedua dengan 17,3% dan Gerindra di urutan ketiga dengan 15,8%.

Selanjutnya secara berurutan ada PKB (6,1%), Demokrat (5,3%), PKS (4,6%), PAN (3,8%), Nasdem (2,3%), Perindo (1,3%), dan Hanura (1%).

Kemudian sisanya yaitu PPP, Garuda, PSI, Gelora, Ummat, PBB, dan Berkarya tidak ada yang mendapatkan elektabilias lebih dari 1%.

Meski begitu, di Kaltim mayoritas masyarakat justru mengaku belum memiliki pilihan partai politik. Jumlahnya mencapai 21,6% responden.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...