Tips Mudik Saat Pandemi Agar Tetap Sehat dan Aman

Siti Nur Aeni
26 April 2022, 10:10
Tips Mudik Saat Pandemi Agar Tetap Sehat dan Aman
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.
Penumpang Kereta Api Argo Bromo Anggrek tujuan Surabaya menunggu kedatangan kereta di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (22/4/2022). Pemerintah mengimbau masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik lebih awal untuk menghindari serta mengurai kepadatan pada puncak arus mudik Lebaran 2022.

Setelah dua tahun dilarang, akhirnya tahun ini pemerintah mengizinkan masyarakat yang hendak mudik untuk merayakan Idul Fitri di kampung halaman. Namun, karena masih di situasi pandemi, pemerintah memberikan sederet syarat mudik yang harus ditaati.

Selain dengan manaati persyaratan, ada juga beberapa tips mudik yang bisa Anda perhatikan agar tetap sehat dan aman selama perjalanan. Berikut penjelasan lengkapnya.

Tips Mudik Aman Saat Pandemi

1. Lengkapi Vaksinasi Covid-19

Vaksin Covid-19 menjadi salah satu syarat mudik 2022 yang harus ditaati. Pemudik diharuskan untuk melengkapi vaksin lengkap dan booster. Sebaiknya lakukan vaksinasi jauh-jauh hari sebelum mudik. Hal ini berguna untuk menghindari efek samping setelah vaksin. Untuk mendapatkan vaksin Anda bisa mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat.

2. Pilih Moda Transportasi Tebaik

Tips mudik lainnya yang harus Anda perhatikan yaitu pilih moda transportasi yang nyaman dan tepat. Dalam memilih moda transportasi, Anda bisa memperhatikan jarak tempuh ke kampung halaman. Jika jarak tempuhnya jauh atau berada di luar pulau, lebih baik jika memilih moda transpotasi pesawat terbang karena lebih cepat.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik. Namun, sebaiknya jangan mudik menggunakan motor. Pasalnya, sepeda motor bukanlah kendaraan yang digunakan untuk perjalanan jarak jauh.

3. Cek Kondisi Kendaraan

Apabila Anda mudik menggunakan mobil pribadi, maka pastikan untuk mengecek kondisi kendaraan yang akan digunakan untuk mudik. Hal ini diperlukan agar Anda dan keluarga aman selama perjalanan mudik ke kampung halaman.

4. Terapkan Protokol Kesehatan

Tips mudik aman saat pandemi selanjutnya yaitu pastikan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. Jangan lupa kenakan masker sesuai standar, menjaga jarak, hindari kerumuman, rutin cuci tangan, bawa hand sanitizer, dan ketentuan lain yang berguna untuk mencegah penularan Covid-19 selama perjalanan mudik.

5. Istirahat sebelum Berangkat

Sebelum berangkat mudik, pastikan mencukupi kebutuhan istirahat. Hal ini berguna untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit selama mudik. Pasalnya, mudik memerlukan waktu yang tidak sebentar sehingga kondisi tubuh harus fit agar perjalanan tidak terhambat dan Anda tidak mudah lebih lelah.

6. Bawa Barang Secukupnya

Barang yang dibawa saat mudik sebaiknya tidak berlebihan. Bawalah barang-barang yang benar-benar dibutuhkan. Hal ini bertujuan agar Anda tidak repot selama perjalanan, terlebih jika Anda mudik menggunakan moda transpotasi umum.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...