Cara Daftar Vaksin Booster di PeduliLindungi dan Aplikasi JAKI

Siti Nur Aeni
14 Februari 2022, 06:36
Petugas kesehatan menunjukkan vaksin booster saat penyuntikan vaksin di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Rabu (26/1/2022). Vaksin Booster yang disediakan adalah vaksin jenis Pfizer, berlaku bagi peserta yang sudah vaksin lengkap hingga dosis ke-2 dengan jeni
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Petugas kesehatan menunjukkan vaksin booster saat penyuntikan vaksin di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Rabu (26/1/2022). Vaksin Booster yang disediakan adalah vaksin jenis Pfizer, berlaku bagi peserta yang sudah vaksin lengkap hingga dosis ke-2 dengan jenis vaksin Sinovac atau AstraZeneca, telah menerima tiket vaksin ke-3 pada aplikasi PeduliLindungi, dan berusia 18 tahun ke atas.

Vaksin booster adalah vaksinasi Covid-19 setelah seseorang telah mendapatkan vaksinasi primer dosis satu dan dua. Vaksin booster disebut juga vaksin dosis ke tiga dengan tujuan untuk mempertahankan tingkat kekebalan serta menambah masa perlindungan.

Di Indonesia, program vaksinasi dosis ke tiga mulai dilakukan pada Rabu, 12 Januari 2022. Program vaksinasi ini dilakukan secara gratis untuk masyarakat berusia 18 tahun ke atas dan diprioritaskan untuk kelompok lanjut usia dan kelompok rentan.

Advertisement

Vaksin dosis tiga ini akan diberikan di kabupaten/kota yang telah melakukan 70 % program vaksinasi dosis pertama dan 60 % untuk vaksinasi dosis kedua. Menurut keterangan Menteri Kesehatan, ada 244 kabupaten/kota yang sudah memenuhi kriteria tersebut.

Syarat Penerima Vaksin Booster

Perlu diketahui untuk bisa mendapatkan suntikan vaksin dosis tiga, Anda harus memenuhi syarat yang sudah ditentukan. Berdasarkan penjelasan di Covid19.go.id, berikut syarat penerima vaksin booster:

  1. Menunjukkan nomor induk kependudukan (NIK) dengan membawa KTP/KK atau menunjukkan aplikasi PeduliLindungi saat hendak vaksinasi.
  2. Memiliki usia 18 tahun ke atas.
  3. Sudah memperoleh vaksinasi primes dosis lengkap minimal enam bulan sebelumnya.

Cara Cek Jadwal Vaksin Booster

Untuk mengetahui jadwal pemberian vaksinasi booster, Anda bisa melihat tiket booster di website resmi atau aplikasi PeduliLindungi. Adapun cara mengeceknya seperti berikut:

Cek di Web Pedulilindungi.id

  1. Akses situs Pedulilindungi.id di browser.
  2. Di bagian “status kesehatan”, masukkan nama lengkap dan NIK dengan benar.
  3. Ceklis kolom “saya bukan robot” kemudian klik “periksa”.
  4. Tunggu beberapa saat sampai muncul halaman informasi terkait status vaksinasi milik Anda.

Cek di Aplikasi Peduli Lindungi

  1. Buka aplikasi PeduliLindungi.
  2. Login menggunakan nomor handphone atau email.
  3. Setelah itu, masukkan OTP yang dikirimkan.
  4. Klik bagian “profil” lalu pilih menu “status vaksinasi dan hasil tes Covid-19”.
  5. Setelah status dan jadwal vaksinasi booster muncul di akun tersebut, maka Anda bisa melakukan cek tiket pada menu “riwayat dan tiket vaksin”.

Setelah memiliki tiket vaksin, Anda bisa melihat jadwal dan tempat pemberian vaksin booster. Silahkan datangi tempat tersebut di waktu yang telah ditentukan dengan membawa persyaratan yang dibutuhkan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement