Produksi Adalah Cara Menambah Nilai Barang dan Jasa, Ini Penjelasannya

Image title
23 Mei 2022, 14:53
produksi adalah
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.
Ilustrasi, pekerja memeriksa pola karpet di Pabrik PT Hesitada Inti Desain (Hesitada Group).

Produksi adalah suatu kegiatan yang erat kaitannya dengan ekonomi. Tak sedikit yang mengartikan produksi sebagai kegiatan menghasilkan barang. Namun, kegiatan ini sebenarnya memiliki arti lebih luas dari sekadar menghasilkan barang-barang.

Pengertian Produksi

Produksi diartikan sebagai kegiatan ekonomi atau upaya yang dilakukan manusia guna menghasilkan atau menambah nilai guna suatu barang atau jasa. Orang atau sekelompok orang yang melakukan kegiatan produksi disebut sebagai produsen.

Kegiatan menambah faedah suatu benda dengan mengubah sifat dan bentuknya dinamakan kegiatan produksi barang. Sedangkan, kegiatan menambah faedah suatu benda tanpa mengubah bentuknya dinamakan produksi jasa.

Mengutip buku "Ekonomi" Oleh Alam S, tujuan dari kegiatan ekonomi adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia guna mencapai kemakmuran. Apabila produsen berhenti berproduksi, kebutuhan manusia akan sulit dipenuhi. Kalaupun dapat dipenuhi, kuantitas serta kualitas benda pemuas kebutuhan tersebut tergolong sangat rendah.

Sementara secara khusus, Bagi pihak produsen, tujuan produksi adalah untuk meningkatkan keuntungan serta menjaga kesinambungan perusahaan. Sementara, bagi konsumen atau masyarakat, tujuan produksi adalah untuk menyediakan berbagai benda pemuas kebutuhan.

Faktor-faktor Produksi

Segala sesuatu yang dibutuhkan untuk memproduksi barang dan jasa disebut dengan faktor produksi. Faktor ini terdiri atas alam (natural resources), tenaga kerja (labor), modal (capital), dan keahlian (skill) atau sumber daya pengusaha (enterpreneurship).

1. Alam

Faktor ini meliputi semua kekayaan alam yang dapat digunakan dalam proses produksi. Faktor ini di antaranya terdiri atas tanah, air, sinar matahari, udara, dan barang tambang.

2. Tenaga Kerja

Tenaga kerja merupakan faktor produksi insani yang secara langsung maupun tidak langsung menjalankan kegiatan produksi. Dalam faktor produksi tenaga kerja terkandung unsur fisik, pikiran, serta kemampuan yang dimiliki oleh tenaga kerja. Oleh karena itu, tenaga kerja dapat dikelompokan berdasarkan kualitas dan berdasarkan sifat kerjanya.

(a) Berdasarkan kualitas

Berdasarkan kualitasnya, tenaga kerja dibagi menjadi tiga, yaitu:

  • Tenaga kerja terdidik: memerlukan pendidikan tertentu sehingga memiliki keahlian di bidangnya. Contohnya dokter dan ahli hukum.
  • Tenaga kerja terampil: memerlukan kursus atau latihan bidang-bidang keterampilan tertentu sehingga terampil di bidangnya. Contohnya tukang listrik dan montir.
  • Tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih: tenaga kerja yang tidak melalui pendidikan dan pelatihan. Contohnya tukang sapu jalan dan penjaga sekolah.

(b) Berdasarkan sifat kerja

Berdasarkan sifat kerjanya, tenaga kerja dapat dibagi dua, yaitu:

  • Tenaga kerja rohani: menggunakan pikiran, rasa, dan karsa. Contohnya guru dan pengacara.
  • Tenaga kerja jasmani: menggunakan kekuatan fisik dalam kegiatan poduksi. Contohnya: tukang las dan pengayuh becak.

3. Modal

Proses produksi memerlukan faktor produksi lain berupa peralatan. Proses produksi juga memerlukan mesin-mesin, alat pengangkutan, sarana pengangkutan, atau bangunan. Berbagai hal ini tergolong ke dalam faktor produksi modal.

Modal umumnya meliputi benda-benda hasil produksi yang digunakan untuk proses produksi barang-barang dan jasa-jasa lain. Fungsi faktor produksi modal adalah sebagai penunjang dalam mempercepat atau menambah kemampuan dalam memproduksi.

Modal dapat digolongkan berdasarkan sumber, bentuk, pemilikan, dan sifat. Berdasarkan sumbernya, modal dibagi menjadi dua. Pertama, modal sendiri, yakni modal yang berasal dari dalam perusahaan sendiri. Kedua, modal eksternal, yaitu merupakan bentuk modal yang berasal dari luar perusahaan, seperti pinjaman bank, atau hasil penjualan obligasi.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...