Survei LSI: Masalah Prioritas untuk Diselesaikan 5 Tahun ke Depan

Aryo Widhy Wicaksono
4 September 2022, 21:12
Peserta lomba beradu kecepatan dalam merakit kotak suara bekas di Kantor KPU Kota Blitar, Jawa Timur, Minggu (14/8/2022).
ANTARA FOTO/Irfan Anshori/tom.
Peserta lomba beradu kecepatan dalam merakit kotak suara bekas di Kantor KPU Kota Blitar, Jawa Timur, Minggu (14/8/2022).

Hasil penelitian Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan mayoritas dari 1.220 responden, menilai sangat puas atau cukup puas dengan jalannya demokrasi di Indonesia.

Tingkat kepuasan ini cukup tinggi, mencapai 77,7% responden. Sedangkan mereka yang kurang atau tidak puas sama sekali, tercatat sekitar 18,8%.

Meski puas dengan kinerja demokrasi, mayoritas publik menilai kondisi politik kita berada pada tingkat sedang, mencapai 41,9%. Sementara mereka yang menilai pada kondisi baik atau sangat baik mencapai 32,1%.

Lalu sekitar 17,7% responden lainnya menyatakan kondisi politik Indonesia pada level yang buruk atau sangat buruk.

"Jadi kondisi politik kalau dibandingkan antara positif dengan negatif masih cenderung positif penilaiannya," ujar Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan, saat memaparkah hasil survei yang disiarkan melalui channel Youtube LSI, Minggu (4/9).

Survei LSI juga menunjukkan kegelisahan publik terhadap masalah prioritas yang harus diselesaikan pemimpin nasional dalam waktu lima tahun mendatang.

Masalah ini meliputi pengendalian harga kebutuhan pokok (32,8%), menciptakan lapangan kerja atau mengurangi pengangguran (19,1%), mengurangi angka kemiskinan (13,1%), memberantas korupsi (7,4%), dan memajukan sektor pertanian (4,3%).

"Permasalahan utama masyarakat kita memang masih terkait dengan ekonomi," jelasnya.

Lalu siapa nama yang dipercaya masyarakat mampu menyelesaikan persoalan ini dan memimpin negeri pada Pemilu 2024 nanti?

Pada simulasi 19 nama calon presiden secara semi terbuka, nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memimpin dengan elektablitas mencapai 24,5%. Lalu menyusul Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan 21,3%.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...