Jadi Tersangka, Teddy Minahasa Diduga Terlibat Peredaran 5 Kg Sabu

Ameidyo Daud Nasution
14 Oktober 2022, 23:59
teddy minahasa, narkoba, sabu
solokselatan.sumbar.polri.go.id
Kapolda Sumbar Irjen Teddy Minahasa.

Kapolda Sumatera Barat Inspektur Jenderal Pol. Teddy Minahasa telah ditetapkan sebagai tersangka kasus peredaran narkoba. Kepolisian menduga Teddy terlibat dalam peredaran narkoba jenis sabu-sabu seberat 5 kilogram.

Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Mukti Juharsa mengatakan dari 5 kilogram sabu-sabu, sebanyak 3,3 kilogram telah diamankan polisi. Sedangkan 1,7 kilogram sudah dijual polisi berinisial D ke Kampung Bahari, Jakarta Utara.

Adapun Teddy sebelumnya pernah membongkar 41,4 kilogram sabu di Bukittinggi. Sabu-sabu seberat itu merupakan yang terbesar dalam sejarah Polda Sumbar.

"Ada keterlibatan Irjen TM sebagai pengendali barang bukti 5 kilogram sabu dari Sumatera Barat," kata Mukti dalam konferensi pers di Polda Metro, Jakarta, Jumat (14/10) seperti disiarkan Kompas TV.

Kasus ini berawal saat polisi menangkap seseorang berinisial HE pada Senin (10/10). Dari tangan HE, aparat menyita 2 klip sabu-sabu dengan berat 44 gram.

Usai pendalaman terhadap HE, di hari yang sama polisi menangkap AR alias Abeng untuk mengetahui asal narkotika tersebut. Dari keterangan Abeng, aparat menggerebek orang berinisial AD di kamar kosnya.

Ternyata, AD merupakan polisi dari Polres Jakarta Barat. Ia mengaku bahwa sabu-sabu didapatkan dari seorang polisi berpangkat Kompol.

Aparat lalu melanjutkan dengan menangkap Kapolsek Kalibaru Kompol KS dan mengamankan 305 gram sabu-sabu. Dari keterangan KS, diketahui barang haram tersebut didapatkan dari seseorang berinisial L.

L bersama AW, dan A lalu ditangkap pada Rabu (12/10). Dari keterangan mereka, ada keterlibatan Kabagada Polda Sumbar berinisial AKBP D.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...