10 Tanaman Dataran Tinggi yang Cocok Dibudidayakan

Annisa Fianni Sisma
24 Oktober 2022, 14:31
tanaman dataran tinggi
PEXEL
Ilustrasi, Kakao, yang termasuk tanaman dataran tinggi.

Bumi memiliki dataran dengan permukaannya berbeda-beda. Berbagai bentang alam seperti sungai, pantai, gunung, bukit, danau dan lain sebagainya membuat munculnya ketinggian yang berbeda-beda di setiap wilayah. Berkaitan dengan hal tersebut, tentu menarik jika membahas terkait dataran tinggi beserta tanaman dataran tinggi yang cocok untuk dibudidayakan.

Dataran tinggi merupakan wilayah yang terletak di 700 meter di atas permukaan laut (mdpl). Ketinggian ini membuatnya semakin dekat dengan awan dan suhunya pun semakin dingin. Sejuknya hawa di dataran tinggi membuatnya kerap menjadi objek wisata.

Dataran tinggi memiliki ciri khas yang sangat berbeda dengan dataran rendah. Pada dataran rendah, didominasi tanahnya yang subur dan suhunya yang hangat. Banyak masyarakat yang hidup di dataran rendah karena kondisinya yang sejuk dan hangat.

Sedangkan pada dataran tinggi, penduduk akan merasakan hawa sejuk dan dingin. Di bidang pertanian, penduduk setempat kerap menerapkan sistem pertanian dengan terasering. Teknik terasering ini mampu mencegah erosi tanah sehingga tidak longsor.

Selain itu, dataran tinggi lebih kering dan tidak lembab. Suhu yang semakin kecil dengan udara dingin serta curah hujan yang jarang membuat lingkungan sedikit kering.

Meskipun dengan kondisi demikian, tak membuat dataran tinggi tidak produktif. Terdapat tanaman dataran tinggi yang dapat tumbuh dan berkembang di suhu dingin. Berikut ini daftar tanaman dataran tinggi selengkapnya melansir dari 99.co.

1. Strawberry

Strawberry menjadi tanaman dataran tinggi yang identik dengan warna merah meronanya. Tak hanya warnanya yang menggoda, Strawberry juga memiliki rasa manis yang menyegarkan.

Jika ingin menanam Strawberry, pastikan ketinggian tanah telah berada di atas 1.000 mdpl dengan curah hujan 600-800 mm per tahun. Suhu wilayah yang cocok untuk tanaman yang berasal dari Amerika Serikat ini adalah 20 derajat celcius (0C) dengan kelembaban 70-90%.

2. Kopi

Kopi menjadi tanaman dataran tinggi yang memiliki banyak manfaat. Selain dapat dinikmati rasa khasnya di tengah udara dingin, kopi juga dapat digunakan sebagai scrub atau masker untuk mempercantik kulit. Jika tertarik untuk menanam kopi, pastikan suhu berada di 16-20 0C.

3. Kentang

Kentang juga termasuk umbi-umbian yang dapat ditanam di dataran tinggi. Kentang menjadi salah satu makanan pokok di beberapa wilayah. Tanaman dataran tinggi ini cocok dibudidayakan di kebun atau halaman rumah.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...