Mengenal 20 Jenis Kelinci Pedaging dan Peliharaan

Annisa Fianni Sisma
7 November 2022, 12:40
jenis kelinci
PEXEL
Ilustrasi, Kelinci.

Kelinci adalah hewan yang menggemaskan dan cocok dijadikan hewan peliharaan maupun budidaya. Terdapat berbagai jenis kelinci yang menarik untuk dipahami.

Perbedaan menonjol kelinci hias dan kelinci pedaging adalah pada ukuran badannya. Kelinci hias cenderung kecil dan menggemaskan. Sementara kelinci pedaging cenderung berat dan padat dagingnya. Untuk mengenalnya, berikut ini jenis kelinci peliharaan dan kelinci budidaya selengkapnya melansir dari ruparupa.com.

1. Kelinci Alaska

Jenis kelinci ini identik dengan warna hitamnya. Kelinci Alaska berasal dari Jerman dan memiliki warna hitam mengkilap dan yang lebat. Beratnya dapat mencapai 3 kilogram (Kg).

2. Kelinci Chinchilla

Jenis kelinci chinchilla merupakan kelinci dengan bulu abu-abu biru tua putih yang menawan. Berat rata-rata kelinci ini adalah 3 Kg.

3. Kelinci Himalaya

Kelinci Himalaya memiliki ciri khas bulu yang unik. Warna yang dimilikinya yakni putih dengan coklat kehitaman di bagian tengah wajah, telinga, kaki serta ekor. Beratnya mencapai 1 hingga 2 Kg.

4. Kelinci California

Jenis kelinci hias selanjutnya yakni mirip dengan kelinci himalaya. Kelinci California memiliki bulu putih bersih dengan warna coklat kehitaman di bagian telinga, kaki, ekor, dan hidung. Cara membedakannya dengan himalaya adalah bulunya yang lebat dan halus. Ia juga merupakan salah satu kelinci yang ramah dan gemar bermain.

5. Kelinci Anggora

Kelinci Anggora adalah jenis kelinci yang khas dengan bulu panjangnya. Kelinci ini tampak anggun dengan warna putih dan bulu panjangnya. Jika tertarik menjadikannya hewan peliharaan, maka pemelihara wajib merawat bulunya dengan baik.

6. Kelinci Checkered Giants

Kelinci Checkered Giants adalah jenis kelinci yang besar selain Flemish Giants. Beratnya mencapai 5 kg dengan bulu bintik di tubuhnya.

7. Kelinci Argente

Jenis kelinci argente adalah kelinci yang berasal dari Prancis. Kelinci ini memiliki bulu yang halus dan beratnya mencapai 6 kg.

8. Kelinci Palomino

Kelinci Palomino memiliki ciri khas bulunya yang kuning keemasan kecoklatan seperti kuda Palomino. Kelinci ini memiliki telinga yang tegak dan mudah dipelihara.

9. Kelinci Flemish Giant

Jenis kelinci pedaging yang pertama yakni kelinci Flemish Giant. Kelinci ini ditemukan di Belgia pada abad ke-16. Ia menjadi kelinci yang sangat populer dengan ukurannya yang besar dan warna yang bervariasi.

Beratnya mampu mencapai 6.7 kg. Warna standar umumnya yakni hitam, putih, fawn, sandy, light grey, biru, dan lain sebagainya. Kelinci ini memiliki karakter yang santai dan tenang. Ia juga dapat bersahabat dengan jenis hewan lainnya.

10. Kelinci Satin

Jenis kelinci satin adalah kelinci dengan bulu pendek yang lembut. Ras kelinci ini merupakan mutasi dari gen havana. Karakternya juga menarik yakni suka bermain dan ramah.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...