Herbivora Adalah Hewan Pemakan Tumbuhan, Berikut Ulasannya

Herbivora adalah kelompok hewan pemakan tumbuhan. Hewan ini memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakan mereka dengan karnivora, salah satunya dalam hal susunan gigi. Berikut penjelasannya.
Image title
27 Januari 2022, 13:30
Herbivora adalah kelompok hewan pemakan tumbuhan.
Pexels.com/Reijo Telaranta
Herbivora adalah kelompok hewan pemakan tumbuhan.

Ada banyak sekali jenis hewan yang tersebar di seluruh dunia. Oleh karena itu, beberapa hewan dikelompokan dengan hewan lainnya berdasarkan karakteritik hingga cara berkembang biak. Selain itu, kelompok fauna bisa dibedakan dari jenis makanan yang dikonsumsi.

Setidaknya, ada tiga kelompok hewan jika dilihat dari jenis makananya, yaitu omnivora, karnivora, dan herbivora. Namun, pada artikel kali ini akan dibahas lebih dalam terkait hewan herbivora.

Pengertian Herbivora

Mengutip sumber.belajar.kemdikbud.go.id, herbivora adalah kelompok hewan pemakan tumbuhan. Pada umumnya, hewan yang tergolong kelompok ini tidak memiliki gigi taring yang tajam, sehingga memungkinkan untuk mencerna tumbuh-tumbuhan.

Hewan herbivora banyak hidup di daratan, seperti padang rumput, hutan, atau persawahan karena dekat dengan sumber makanan mereka.

Advertisement

Lantaran sebagian besar hewan dalam kelompok herbivora adalah jinak, mereka sering menjadi mangsa oleh hewan karnovira. Selain itu, manusia turut mengonsumsi daging hewan herbivora karena dinilai enak dan bergizi.

Ciri-ciri Herbivora

Hewan pemakan tumbuhan ini memiliki ciri khusus yang berbeda dibandingkan hewan karnivora ataupun omnivora. Berikut ciri ciri hewan herbivora yang perlu diketahui:

  • Makanan utamanya rumput atau tumbuhan.
  • Merupakan hewan vivipar atau berkembang biak dengan cara beranak.
  • Termasuk kelompok hewan mamalia.
  • Sebagian besar hidup di darat.
  • Berdarah panas.
  • Memiliki gigi geraham yang lebar.
  • Sebagian besar berkaki empat.
  • Termasuk hewan vertebrata atau memiliki tulang belakang.
  • Banyak dimanfaatkan manusia. Umumnya menjadi mangsa hewan karnivora.

Hewan herbivora ada yang berukuran besar dan ada juga yang berukuran kecil. Herbivora bertubuh besar, seperti gajah, sapi dan kuda. Sedangkan, yang bertubuh kecil, misalnya ulat, kupu-kupu dan belalang.

Pada umumnya, mamalia tergolong hewan herbivora,misalnya kambing, sapi, dan kerbau. Hewan mamalia pemakan tumbuhan dapat dikenali lewat susunan giginya. Gigi-gigi hewan herbivora berciri-ciri sebagai berikut:

  • Tidak memiliki gigi taring.
  • Memiliki gigi geraham yang permukaannya bergelombang yang berfungsi untuk mengunyah makanan hingga lumat dan lembut. Mamalia herbivora biasanya mengunyah makanannya sampai lembut.

Adaptasi Perilaku Herbivora

Herbivora telah mengembangkan adaptasi perilaku untuk meningkatkan kelangsungan hidup mereka. Adapun perbedaan perilaku yang paling mencolok antara herbivora dan karnivora adalah kehidupan sosial mereka.

Karnivora cenderung untuk melakukan perjalanan dan berburu sendirian, sementara banyak spesies herbivora melakukan perjalanan dalam formasi kelompok. Perilaku ini meningkatkan kelangsungan hidup karena setiap anggota kelompok dapat melihat punggung satu sama lain dan bisa saling melindungi dari hewan predator.

Hewan-hewan Herbivora

Beberapa hewan herbivora sebenarnya sangat dekat dengan kehidupan manusia karena biasa dijadikan sebagai hewan ternak. Namun ternyata, di alam bebas jenis binatang herbivora sangat beragam. Berikut beberapa jenis hewan herbivora yang ada di ekosistem.

1. Kuda

Jenis hewan herbivora berikutnya yaitu kuda. Hewan dengan nama latin Equus coballus ini biasanya mengkonsumsi rumput. Kuda umumnya dipelihara manusia untuk dimanfaatkan sebagai alat angkut atau transportasi. Meskipun ada juga yang memanfaatkan daging dan susu kuda untuk keperluan konsumsi.

2. Sapi

Contoh hewan herbivora yang pertama yaitu sapi. Menurut penjelasan di buku “Klasifikasi Hewan Berdasarkan Jenis Makanan”, sapi adalah hewan ternak dari suku Bovidae. Sapi merupakan hewan yang mengkonsumi rumput. Hewan ini memiliki sistem pencernaan yang bisa mencerna rerumputan dengan baik.

3. Kelinci

Kelinci juga masuk dalam kelompok herbivora karena dalam kesehariannya hewan ini biasa mengkonsumsi dedaunan dan umbi-umbian. Kelinci biasanya dijadikan sebagai hewan peliharaan. Hewan ini memiliki berbagai jenis seperti kelinci anggora, lop, flemish giant, rex, dan berbagai jenis lainnya.

4. Panda

Jenis hewan herbivora berikutnya yaitu panda. Hewan dengan tubuh besar ini biasanya mengkonsumsi bambu muda. Hewan ini memiliki kebiasaan hidup berkelompok dalam suatu area. Sayangnya akibat pemburuan ilegal, hewan yang satu ini terancam punah.

5. Jerapah

Jerapah juga termasuk binatang herbivora. Hewan endemik Afrika ini biasanya mengkonsumsi dedaunan dan tumbuh-tumbuhan tinggi. Hewan ini memiliki postur tubuh yang tinggi bahkan bisa mencapai 5,5 meter dengan berat 1.365 kg.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait