Herbivora Adalah Hewan Pemakan Tumbuhan, Berikut Ulasannya

Image title
27 Januari 2022, 13:30
Herbivora adalah kelompok hewan pemakan tumbuhan.
Pexels.com/Reijo Telaranta
Herbivora adalah kelompok hewan pemakan tumbuhan.

Ada banyak sekali jenis hewan yang tersebar di seluruh dunia. Oleh karena itu, beberapa hewan dikelompokan dengan hewan lainnya berdasarkan karakteritik hingga cara berkembang biak. Selain itu, kelompok fauna bisa dibedakan dari jenis makanan yang dikonsumsi.

Setidaknya, ada tiga kelompok hewan jika dilihat dari jenis makananya, yaitu omnivora, karnivora, dan herbivora. Namun, pada artikel kali ini akan dibahas lebih dalam terkait hewan herbivora.

Pengertian Herbivora

Mengutip sumber.belajar.kemdikbud.go.id, herbivora adalah kelompok hewan pemakan tumbuhan. Pada umumnya, hewan yang tergolong kelompok ini tidak memiliki gigi taring yang tajam, sehingga memungkinkan untuk mencerna tumbuh-tumbuhan.

Hewan herbivora banyak hidup di daratan, seperti padang rumput, hutan, atau persawahan karena dekat dengan sumber makanan mereka.

Lantaran sebagian besar hewan dalam kelompok herbivora adalah jinak, mereka sering menjadi mangsa oleh hewan karnovira. Selain itu, manusia turut mengonsumsi daging hewan herbivora karena dinilai enak dan bergizi.

Ciri-ciri Herbivora

Hewan pemakan tumbuhan ini memiliki ciri khusus yang berbeda dibandingkan hewan karnivora ataupun omnivora. Berikut ciri ciri hewan herbivora yang perlu diketahui:

  • Makanan utamanya rumput atau tumbuhan.
  • Merupakan hewan vivipar atau berkembang biak dengan cara beranak.
  • Termasuk kelompok hewan mamalia.
  • Sebagian besar hidup di darat.
  • Berdarah panas.
  • Memiliki gigi geraham yang lebar.
  • Sebagian besar berkaki empat.
  • Termasuk hewan vertebrata atau memiliki tulang belakang.
  • Banyak dimanfaatkan manusia. Umumnya menjadi mangsa hewan karnivora.

Hewan herbivora ada yang berukuran besar dan ada juga yang berukuran kecil. Herbivora bertubuh besar, seperti gajah, sapi dan kuda. Sedangkan, yang bertubuh kecil, misalnya ulat, kupu-kupu dan belalang.

Pada umumnya, mamalia tergolong hewan herbivora,misalnya kambing, sapi, dan kerbau. Hewan mamalia pemakan tumbuhan dapat dikenali lewat susunan giginya. Gigi-gigi hewan herbivora berciri-ciri sebagai berikut:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...