Benarkah Gerakan Sesar Cimandiri Penyebab Gempa Cianjur? Ini Kata BMKG

Ira Guslina Sufa
23 November 2022, 11:30
BMKG Gempa Cianjur
AP Photo/Tatan Syuflana
Seorang pria membawa barang-barang yang diselamatkan dari reruntuhan rumahnya yang rusak akibat gempa di Cianjur, Jawa Barat, Indonesia Selasa, 22 November 2022.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Bandung menyatakan isu terkait pergerakan Sesar Cimandiri di daerah Sukabumi adalah hoaks. Selain itu BMKG juga menyebut informasi adanya erupsi Gunung Gede sebagai hoaks. 

Kepala Stasiun Geofisika Bandung Teguh Rahayu mengatakan berita tersebut tidak benar. Menurut Rahayu BMKG tidak pernah menyampaikan serta menyebarluaskan informasi tentang penyebab gempa berkekuatan 5,6 skala richter yang mengguncang Kabupaten Cianjur dan sekitarnya pada Senin (21/11) lalu. 

 "Berita itu hanya hoaks atau isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan dan membohongi masyarakat, karena isu tersebut tidak mempunyai dasar ilmiah yang jelas," kata Rahayu seperti dikutip dari Antara, Rabu (23/11). 

Adanya informasi mengenai telah terjadi pergerakan Sesar Cimandiri tersebar melalui pesan berantai di media sosial dan whatsapp. Isinya yakni ada delapan kawasan yang berpotensi terdampak dari aktivitas Sesar Cimandiri.

 Kemudian ada juga pesan suara berisi hoaks mengenai adanya cahaya seperti api menyala di Gunung Gede yang menyebabkan terjadinya erupsi Gunung Gede. Api yang menyala yang diklaim sebagai erupsi Gunung Gede ini disebut-sebut sebagai pemicu terjadinya gempa bumi di Kabupaten Cianjur.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...