Memahami Cara Buat Proposal Usaha Beserta Bagian yang Wajib Ada

Annisa Fianni Sisma
2 Desember 2022, 12:05
Cara Buat Proposal Usaha
Freepik
Ilustrasi, seseorang membuat perencanaan bisnis.

Untuk mendapatkan modal usaha, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah membuat proposal usaha. Oleh karena itu, pengusaha dalam usaha mikro, kecil, maupun menengah, wajib mengetahui cara buat proposal usaha yang tepat dan sesuai dengan ketentuan, agar lolos dan mampu menerima modal usaha dari pemilik modal dalam seleksinya.

Untuk memahami lebih lanjut terkait cara buat proposal usaha, berikut ini rincian yang perlu dilakukan dan diperhatikan beserta penjelasannya melansir dari hubster.co.id.

1. Buat Pendahuluan

Cara buat proposal usaha maupun proposal pada umumnya adalah membuat pendahuluan. Pendahuluan mencakup latar belakang dan permasalahan yang ingin disampaikan kepada calon investor.

Pengusaha wajib menyertakan fakta dan visi misi dalam bagian ini. Pasalnya, investor ingin mengetahui hal apa yang menjadi faktor utama dalam pengajuan dana serta cita-cita pengusaha dalam membuat modal usaha.

Oleh karena itu, pastikan untuk menggambarkan jenis usaha, kriteria usaha, hal yang sudah dicapai dan cita-cita usaha yang akan diraih dalam proses pendirian usaha ini.

2. Mencantumkan Profil Perusahaan

Hal utama yang paling menjadi prioritas dalam cara buat proposal usaha adalah profil perusahaan. Profil perusahaan menunjukkan identitas pengusaha dan identitas usaha yang sedang dijalankan.

Setidaknya terdapat tiga poin penting yang harus dimuat dalam profil usaha. Pertama yakni jenis usaha, nama perusahaan lengkap, lokasi usaha. Namun, berikan pula desain logo sebagai merek yang menjadi merek usaha.

Informasi ini dapat memudahkan investor mengenali bagaimana usaha yang akan di modalnya. Investor juga dapat melihat potensi keuntungan yang diperoleh saat melakukan penanaman modal.

3. Buat Struktur Organisasi Perusahaan

Hal penting berikutnya dalam cara buat proposal usaha adalah struktur organisasi perusahaan. Berikan struktur organisasi yang jelas dan mudah dipahami tanpa bagan yang terlalu rumit.

Cukup buat bagan sederhana yang menyertakan nama lengkap serta nama jabatan masing-masing pihak yang akan menjalankan usaha ini. Jika perusahaan memiliki organisasi yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan, maka investor pun sudah memahami sistem dalam perusahaan telah berjalan dengan baik.

Selain itu, investor pun tahu pihak-pihak yang akan berhubungan langsung dengannya untuk mempertanggungjawabkan dana yang diinvestasikan. Hal ini tentu menjadi sangat penting.

4. Penjelasan Produk

Cara buat proposal usaha berikutnya adalah membuat bagian penjelasan produk usaha. Produk tersebut harus jelas identitasnya. Contohnya, jika produk berupa alat tulis kantor, makanan, minuman, alat berat, kain, atau yang lain sebagainya, maka harus dijelaskan secara lengkap di dalamnya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...