Menhub Siapkan Pelabuhan Ciwandan, Urai Kepadatan Merak Saat Lebaran

Nadya Zahira
5 April 2023, 13:10
Sejumlah truk pengangkut barang yang akan menyeberang ke Sumatera antre di Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (4/4/2023).
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/foc.
Sejumlah truk pengangkut barang yang akan menyeberang ke Sumatera antre di Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (4/4/2023).

Kementerian Perhubungan mempersiapkan Pelabuhan Ciwandan untuk mengurai kepadatan di Pelauhan Merak selama masa mudik Lebaran 2023. Dua pelabuhan tersebut memiliki 12 dermaga, masing-masing terdiri dari 7 dermaga di Pelabuhan Merak dan 5 dermaga di Pelabuhan Ciwandan.

"Selain Cipali, kita akan struggling di Ciwandan. Ciwandan adalah tambahan dari pelabuhan Merak," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Gedung DPR, Selasa (5/4).

Budi mengatakan, pelabuhan Merak menjadi titik rawan macet kedua setelah Cipali. Sementara posisi ketiga dan keempat terdapat di Bandara Soekarno Hatta serta jalur laut antara Riau ke Sumatera Utara. 

Rekayasa Lalu Lintas

Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri, Brigadir Jenderal Aan Suhanan, mengatakan pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas di Pelabuhan Merak. Salah satunya melakukan delay system di kilometer (Km) 43 dan 68.

"Ini akan mengurangi kepadatan di ruas yang menuju ke Merak, kami juga berharap Km 97 dapat difungsionalkan nantinya," ujar Firman.

Dia mengatakan, Pelabuhan Ciwandan akan dipermanenkan tahun ini. Polri juga akan melakukan pengaturan untuk angkutan penyeberangan Jawa dan Sumatera.

Adapun untuk pengaturan penyebrangan Pelabuhan Merak dan Ciwandan sebagai berikut:

1.Kendaraan roda empat dan bus tujuan Sumatera untuk arus mudik dan balik mulai 15 April - 1 Mei 2023 ke Pelabuhan Merak

2. Sedangkan untuk kendaraan truk dan sepeda motor tujuan Sumatera untuk arus mudik dan balik mulai 15 April - 1 Mei 2023 dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan.

3. Kendaraan roda empat dan bus tujuan Jawa untuk arus mudik dan balik mulai 15 April - 1 Mei 2023 ke Pelabuhan Bakauheni.

4. Kendaraan sepeda motor tujuan Jawa untuk arus mudik dan balik malai 15 April - 1 Mei 2023 dialihkan ke Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Panjang.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...