Jokowi Belum dapat Laporan Koster Tolak Israel pada World Beach Games

Andi M. Arief
6 April 2023, 13:23
jokowi, koster, israel, bali
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/tom.
Presiden Joko Widodo tiba untuk memimpin jalannya pengambilan sumpah jabatan Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial Sunarto di Istana Negara, Jakarta, Senin (3/4/2023).

Presiden Joko Widodo belum akan merespon penolakan yang dilakukan oleh Gubernur Bali I Wayan Koster terhadap World Beach Games 2023 di Bali. Alasan Koster sama dengan penolakan pertandingan Piala Dunia FIFA U20  2023 di Pulau Dewata yakni partisipasi atlet dari Israel.

"Saya belum dapat laporan," kata Presiden Jokowi di Tuban,  Jawa Timur seperti disiarkan dalam Youtube resmi Sekretariat Presiden, Kamis (6/4).

Sebelumnya, Koster menjelaskan penolakan kontingen Israel ke kompetisi multicabang tersebut sejalan dengan aturan. Payung hukum yang dimaksud adalah Peraturan Menteri Luar Negeri Nomor 3 Tahun 2019 tentang  Panduan Umum Hubungan Luar Negeri Oleh Pemerintah Daerah.

Berdasarkan aturan tersebut, Koster akan menerima atlet dari Israel jika mereka tidak menyanyikan lagu kebangsaan maupun mengibarkan benderanya di Pulau Dewata. Menurutnya, hal yang sama dilakukan atlet Israel saat berkompetisi dalam Piala Dunia Menembak Rifle Pistol ISSF 2023 di Jakarta.

Dengan alasan tersebut, Koster dengan terbuka menolak kehadiran kontingen Israel di Bali pada Agustus 2023. Sebagai informasi, World Beach Games 2023 akan diselenggarakan pada 5-12 Agustus 2023.

GALA DINNER GPDRR 2022
GALA DINNER GPDRR 2022 (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/nym.)

Untuk diketahui, atlet asal Israel akan bertanding di nomor renang perairan terbuka putri. Negara yang akan menjadi kompetitor atlet ini di antaranya Brasil, Italia, Jerman, dan Cina.

Belum lama ini, keterlibatan tim Israel di Piala Dunia FIFA U20 2023 memicu penolakan secara terbuka oleh sebagian kepala daerah. Penolakan ini dinilai sebagai intervensi yang membuat status tuan rumah Indonesia dalam ajang itu dicabut oleh FIFA.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo optimistis menemukan titik temu guna memastikan kelancaran penyelenggaraan World Beach Games 2023 di Bali. Sebab, sebagian besar pemangku kepentingan di cabang olahraga voli pantai adalah anak muda.

"Walaupun hal ini suatu kompleksitas yang tinggi, tapi kami akan usahakan yang terbaik," kata Dito Ariotedjo di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (3/4).


Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...