Puncak Arus Mudik Diprediksi 19 April, Jasa Marga Terapkan Contraflow

Syahrizal Sidik
15 April 2023, 14:35
Puncak Arus Mudik Diprediksi 19 April, Jasa Marga Terapkan Contraflow
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.
Kendaraan melintas di Tol Dalam Kota yang mengarah ke Tol Cikampek di Jakarta.

Pengelola tol BUMN, PT Jasa Marga Tbk (JSMR), memprediksi puncak arus mudik libur Lebaran 2023 akan terjadi pada 19 Apri 2023 atau di hari pertama cuti bersama Lebaran. 

Corporate Communication & Community Development Group Head mengungkapkan, guna mengurai kepadatan kendaraan, Jasa Marga akan memberlakukan contra flow di kilometer 47 sampai 72 tol Jakarta Cikampek mulai 18 April sampai dengan 21 April. 

Lisye menegaskan, pada mudik Lebaran tahun ini, Jasa Marga tidak akan memberlakukan arus lalu lintas satu arah (one way) melainkan cukup hanya contraflow.

"Kita juga sudah melebarkan tol Jakarta-Cikampek dari sebelumnya 3 lajur menjadi 4 lajur.  Kita harapkan bisa memecah bottleneck," ujar Lisye dalam diskusi secara daring, Sabtu (15/4). 

Dia mengungkapkan, sejak Jumat kemarin arus lalu lintas di Gerbang Tol Utama Cikampek sudah menunjukkan peningkatan sebesar 30,6% yang menuju Trans Jawa. Sedangkan, volume kendaraan yang menuju ke arah Merak, Banten mengalami kenaikan 21% pada Kamis kemarin. 

"Ada kenaikan lalu lintas, sebanyak 70% merupakan kendaraan golongan I," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...