PDIP Ungkap Potensi Gandeng PPP Usung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Andi M. Arief
24 April 2023, 17:02
PDIP
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/tom.
Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto di Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta, Kamis (23/2/2023).

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto menyinggung potensi berkoalisi dengan Partai Persatuan Pembangunan pada pemilihan presiden 2024 mendatang. Hasto menyebut kerja sama dengan partai politik lain akan dipertimbangkan secara ideologis dan historis.

Menurut Hasto peluang koalisi dengan PPP bisa saja terbuka. Alasannya PPP memiliki beberapa kesamaan dengan PDIP, khususnya dengan beberapa tokoh politiknya. Hasto mengatakan PPP dan PDIP merupakan partai politik yang termarjinalkan selama orde baru.

"Kemudian kedekatan antara Ibu Megawati Soekarnoputri dengan tokoh-tokoh dari PPP,” ujar Hasto di kantor Dewan Pimpinan Pusat PDIP, Senin (24/4). 

Beberapa tokoh partai berlambang ka’bah yang disebut Hasto memiliki hubungan baik dengan PDIP di antaranya Hamzah Haz, dan almarhum Mbah Maimun. “Tentu saja ini sebagai sebuah contoh," kata Hasto lagi. 

Hasto menyampaikan penetapan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden yang diusung partai memang mengubah konstelasi politik nasional. Akan tetapi, Hasto menekankan perubahan konstelasi tersebut terjadi untuk masa depan bangsa dan negara.

Hasto menyebutkan PDIP akan bekerja sama dengan partai politik lain menuju Pilpres 2024 berdasarkan beberapa hal. Beberapa pertimbangan adalah platform, historis, dan strategi masa depan. Pada saat yang sama, Hasto menyampaikan PDIP telah memiliki desain sendiri.

Di samping itu, Hasto mengatakan PDIP berkomitmen untuk melanjutkan kepemimpinan Presiden Joko Widodo pada masa depan. Dengan demikian, Hasto berpendapat ada beberapa aspek yang harus dikedepankan melalui jalur politik.

Aspek yang dimaksud adalah kedaulatan pangan, lingkungan, dan tata ruang yang berdasarkan geopolitik. Menurut Hasto seluruh aspek harus dilihat dari kacamata negara maritim.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...