PAN Beri Sinyal Dukung Ganjar, Sodorkan Erick Thohir jadi Cawapres

Ira Guslina Sufa
27 April 2023, 16:40
PAN dukung Ganjar Pranowo dan Erick Thohir
Dok Kementerian BUMN
Ganjar Pranowo dan Erick Thohir

Pimpinan Partai Amanat Nasional atau PAN mengisyaratkan akan mendukung Ganjar Pranowo di pemilihan presiden 2024 mendatang. Meski belum menyatakan secara resmi namun, Ketua DPP PAN Saleh Partaonan Daulay mengatakan tak tertutup kemungkinan PAN akan mengikuti jejak Partai Persatuan Pembangunan yang telah lebih dulu mendukung Gubernur Jawa Tengah itu. 

 “Masih ada peluang untuk tetap bersama,” kata Saleh seperti dikutip Kamis, (27/4). 

 Meski demikian, Saleh tak menampik pula kemungkinan akan adanya perbedaan sikap politik dari PAN dan Partai Golkar atas dukungan bakal capres yang telah diusung oleh PPP. Dia menyebut dinamika politik sangat dinamis terlebih menjelang masa pendaftaran calon presiden dan wakil presiden Oktober 2023. 

“Kemungkinan itu tetap ada. Sementara ini, masih cair,” ujar Saleh.

 Saleh menekankan bahwa partainya menghargai keputusan politik yang telah ditetapkan PPP untuk mendukung Ganjar. Menurut dia, keputusan tersebut tentu sudah melewati kajian dan komunikasi lintas partai politik, terutama di internal KIB sendiri.

 Dia juga menyatakan bahwa PAN hanya tinggal menunggu momentum yang tepat untuk mengumumkan bakal capres yang akan diusung. Sejauh ini PAN kata Saleh sudah menjalin pula komunikasi lintas partai politik.

 Jagokan Ganjar - Erick Thohir 

Secara terpisah politisi PAN Syafrudin Budiman menyampaikan partainya berkemungkinan besar membangun koalisi dengan PDI Perjuangan untuk mengusung Ganjar Pranowo. Sebagai pendampingnya PAN mengusung Menteri BUMN Erick Thohir menjadi cawapres Ganjar. 

"PAN sudah ke mana-mana, 'runtang-runtung' bersama Erick Thohir. Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sudah menyatakan Erick Thohir adalah keluarga besar PAN,” ujar Syafrudin.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...