Tak Ada Kompensasi Bagi Operator Tol atas Diskon Tarif saat Mudik

Andi M. Arief
28 April 2023, 13:43
tol, diskon, pupr, mudik
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom.
Kendaraan melintas satu arah menuju Cikampek di Tol Cikopo-Palimanan, Jawa Barat, Kamis (27/4/2023).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan tidak kompensasi ke operator jalan tol selama Mudik dan Arus Balik Lebaran 2023. Kompensasi yang dimaksud terkait pemberian diskon sebesar 20 persen dari berbagai operator.

Sebagai informasi, PT Jasa Marga Tbk, PT Waskita Karya Tbk, PT Hutama Karya, dan ASTRA Infra memberikan diskon sebesar 20 persen di ruas yang dimilikinya. Diskon tersebut merupakan upaya operator untuk mengurai kepadatan selama Mudik dan Arus Balik Lebaran 2023.

"Diskon itu kan dari mereka. Mereka yang usulkan beri diskon, ya kami mempersilakan," kata Basuki di Istana Kepresidenan, Jumat (28/4).

Sebagai informasi, ada 12 ruas tol yang mendapatkan diskon selama Mudik dan Arus Balik Lebaran 2023. Secara rinci, sebanyak sembilan ruas tol di Pulau Jawa dan tiga ruas di Pulau Sumatera.

Tol yang dimaksud adalah Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung, dan Kayu Agung-Betung. Ketiga ruas tol tersebut berada di Pulau Sumatera dan dioperasikan oleh PT Hutama Karya dan PT Waskita Karya Tbk.

Di samping itu, Waskita juga memberikan diskon pada Tol Pemalang-Batang dan Tol Pejagan-Pemalang. Adapun, ASTRA Infra memberikan diskon kepada Tol Kanci-Pejagan, Tangerang-Merak, dan Cikopo-Palimanan.

Sementara itu, PT Jasa Marga memberikan diskon 20 persen pada enam ruas tol, yakni Tol Palimanan-Kanci, Jakarta-Cikampek, dan Batang-Semarang.

Di sisi lain, Basuki belum mendapatkan laporan terkait semburan api yang terjadi di rest area Kilometer 86 B Tol Cikopo-Palimanan. Sebagai informasi, semburan api tersebut berasal dari sumur bor di dekat rest area yang mulai menyala sejak 08.32 WIB.

Fenomena tersebut diduga sebab kebocoran atau rembesan gas yang keluar dari permukaan di daerah ini. Meski demikian belum dapat dipastikan penyebab terjadinya kebocoran gas ini.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mencatat sumur bor tersebut memiliki kedalaman 100 meter dan memiliki izin sejak 2020. Pada 15 April 2023, pihak berwajib memasang pompa baru karena debit air berkurang, namun telah ada semburan air berbau belerang dari lubang tersebut.

Reporter: Andi M. Arief

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...