Survei: Erick Thohir Cawapres Potensial untuk Prabowo dan Ganjar

Ade Rosman
28 April 2023, 17:26
Erick Thohir
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.
Ketua Umum PSSI Erick Thohir memberikan keterangan pers usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (31/3/2023). Pada pertemuan itu Ketua Umum PSSI Erick Thohir melaporkan hasil pertemuan dengan Presiden FIFA Gianni Infantino menyusul dicabutnya status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Hasil survei lembaga Poltracking Indonesia menunjukkan nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sebagai tokoh potensial calon wakil presiden pada pemilihan presiden 2024. Direktur Eksekutif Poltracking Hanta Yuda mengatakan Erick cocok menjadi cawapres mendampingi Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Berdasarkan temuan Poltracking periode Februari hingga April 2023, nama Erick berkontribusi menaikkan elektabilitas Ganjar dan Prabowo. Dalam simulasi tiga pasang calon presiden dan wakil presiden, terlihat jika Erick menjadi pasangan Prabowo atau Ganjar akan mendapatkan posisi teratas.

Menurut Hanta Poltracking melakukan survei dengan beberapa simulasi. Pada simulasi pertama saat Erick dipasangkan dengan Prabowo dan meraih suara 30,3 persen. Di bawahnya ada Ganjar-Sandiaga meraih 28,4 persen diikuti dengan Anies - AHY dengan 19,4 persen. 

Pada simulasi kedua Erick dipasangkan dengan Ganjar. Pasangan Ganjar-Erick meraih posisi teratas dengan suara 30,4 persen. Di urutan kedua ada Prabowo-Sandi dengan 30,2 persen dan Anies-AHY meraih 20,3 persen suara. 

"Pada simulasi ketiga tanpa memasukkan nama Erick tidak ada pasangan yang meraih di atas 30 persen suara, " ujar Hanta. 

Pada simulasi ketiga pasangan Prabowo-Airlangga neraih 28,8 persen suara diikuti Ganjar dan Sandi dengan 28,3 persen. Sedangkan Anies- Chairul Tanjung meraih 19,7 persen suara. 

 Adapun pada simulasi keempat Erick dipasangan dengan Prabowo dan Ganjar didampingi Ridwan Kamil. Hasilnya pasangan Prabowo-Erick meraih 32,7 persen suara. Selanjutnya pasangan Ganjar-RK meraih 30,2 persen diikuti Anies-Khofifah dengan 20,2 persen suara. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...