Jokowi Targetkan 69 Emas dari 599 Atlet yang Berlaga di SEA Games 2023

Andi M. Arief
2 Mei 2023, 11:01
Indonesia memberangkatkan 599 atlet untuk mengikuti 31 cabang olahraga di Sea Games 2023.
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/tom.
Indonesia memberangkatkan 599 atlet untuk mengikuti 31 cabang olahraga di Sea Games 2023.

Presiden Joko Widodo melepas 599 atlet nasional untuk berlaga di South East Asia Games ke-32 di Kamboja. Kepala Negara menargetkan kontingen Indonesia menyabet lebih dari 69 medali emas dan menduduki peringkat 1 atau 2 di SEA Games. 

Jokowi mengatakan para atlet memiliki bekal yang sangat cukup sehingga harus memiliki prestasi yang lebih baik dari tahun lalu. "Pilihannya hanya dua, peringkat satu atau peringkat dua, ini bukan target yang gampang, bukan target yang mudah," kata Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Selasa (2/5).

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengatakan target awal dalam SEA Games ke-32 adalah meraih 60 medali emas dan menduduki peringkat ketiga. Akan tetapi, Dito akan menjadikan arahan Presiden Jokowi sebagai acuan.

Indonesia akan mengikuti 31 cabang olahraga dari total 36 cabang olahraga yang dipertandingkan di SEA Games.  Dito mengatakan semua atlet yang diberangkatkan memiliki potensi meraih medali emas. "Target realistis semualah. Kami optimistis, ini kan namanya juga olahraga permainan, semua kemungkinan bisa terjadi," kata Dito.

Indonesia akan memberangkatkan 599 atlet yang didampingi oleh 230 pelatih dan official. Selain itu, sebanyak 55 orang tenaga kesehatan seperti dokter, paramedis, tukang pijat, dan tim penyembuhan akan menemani para atlet tersebut.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...