Klasemen Sea Games: Badminton Berjaya, Indonesia Kokoh di Posisi Tiga

Ameidyo Daud Nasution
16 Mei 2023, 19:22
sea games, medali emas, badminton
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/tom.
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Muhammad Shohibul Fikri (kanan) dan Bagas Maulana (kiri) mengembalikan kok ke arah lawannya pebulu tangkis Malaysia Beh Chun Meng dan Goh Boon Zhe pada final beregu putra SEA Games 2023 di Badminton Hall, Morodoc Techo National Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Kamis (11/5/2023).

Sea Games 2023 di Kamboja akan ditutup pada Rabu (16/5). Hingga satu hari sebelum penutupan, Indonesia masih berada di posisi tiga perolehan medali emas.

Indonesia mendapatkan 82 medali emas, terpaut 6 medali dengan tuan rumah Kamboja yang berada di peringkat empat. Sedangkan Vietnam berada di puncak klasemen dengan 134 emas, disusul Thailand di posisi dua dengan 107 emas.

Pada Selasa (16/5) Indonesia mendapatkan tambahan 10 medali emas. Sebanyak empat medali disumbangkan cabang olahraga bulutangkis.

Keempat medali emas didapatkan dari pasangan ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto-Lisa Ayu Kusumawati, ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma-Amalia Cahaya Pratiwi, tunggal putra Christian Adinata, dan ganda putra Pramudya Kusumawardana-Yeremia Rambitan.

Christian Adinata mendapatkan medali emas setelah memenangkan partai all Indonesian final melawan Chico Aura Dwi Wardoyo. Christian unggul dengan skor 21-12, 18-21, dan 21-18.

Cabang lain yang memenangkan medali emas hari ini adalah tim bola voli putra. Indonesia meraih medali usai menundukkan Vietnam tiga set langsung yakni 30-28, 25-19, dan 25-18.

Indonesia juga masih berpeluang menambah medali emas hari ini dari cabang sepak bola. Timnas akan menghadapi Thailand di partai final.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...