Mendag Buka Peluang Subsidi Jagung Demi Turunkan Harga Telur Ayam

Andi M. Arief
22 Mei 2023, 22:24
harga telur, telur ayam, jagung, subsidi
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/rwa.
Pekerja memasukkan telur ayam negeri ke dalam peti di Cisadane Pradana Farm, Kelurahan Cilendek Barat, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (10/3/2023).

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan membuka opsi subsidi harga jagung sebagai pakan ternak ayam. Hal ini demi menekan harga telur yang saat ini tengah melambung.

Zulkifli mengatakan tingginya harga minimal telur disebabkan kenaikan harga jagung. Oleh karena itu, pemerintah berencana untuk memberikan subsidi agar harga jagung di tingkat peternak dapat mencapai Rp 5.000 per Kg.

"Kalau dulu jagung harga mahal, disubsidi sampai Rp 1.500 per Kg, tapi ini masih dibahas," kata Zulkifli di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (22/5).

Badan Pangan Nasional mendata rata-rata nasional harga jagung tingkat peternak stabil di atas Rp 6.000 per Kg sepanjang Mei 2023. Rata-rata nasional harga jagung tingkat peternak sempat menyentuh Rp 6.340 pada 20 Mei 2023.

Zulkifli mengatakan subsidi tersebut hanya akan diberikan pada produsen jagung lokal. Artinya, harga pakan jagung impor akan tetap mengikuti pergerakan pasar.

Meski demikian, skema resmi subsidi masih digodok pemerintah. Adapun opsi lain adalah subsidi biaya transportasi.

Zulkifli menjelaskan kondisi ini merupakan bagian dari normalisasi harga. Menurutnya, harga telur sebelumnya telah membuat ribuan peternak ayam petelur gulung tikar.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...