Mendagri Jelaskan Sumber Pasokan Senjata KKB Papua, dari Mana Asalnya?

Ira Guslina Sufa
25 Mei 2023, 14:28
Mendagri bicara KKB Papua
ANTARA FOTO/HO/Humas Polres Puncak Jaya/sk/nym.
Sejumlah anggota TNI-Polri mengusung peti jenazah korban penembakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah, Senin (27/3/2023).

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengungkapkan sejumlah fakta mengenai sumber pasokan dan amunisi senjata milik Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Mendagri yang pernah menjabat sebagai Kapolda Papua pada 2012 menjelaskan bahwa pasokan senjata api ilegal yang masuk ke wilayah dari berbagai pintu. 

Menurut Tito senjata yang digunakan KKB kebanyakan masuk ke Indonesia melalui jalur darat dan menyebar dari perbatasan di wilayah Jayapura hingga Merauke. Kendati demikian, kasus senjata ilegal yang masuk melalui jalan tikus pada perbatasan Papua dan Papua Nugini PNG dinilai tidak banyak.

"Sebagian besar senjata-senjata itu adalah senjata rampasan dari aparat yang lengah," kata Tito seperti dikutip dari Antara, Kamis (25/5). 

Selain masuk dari Papua Nugini Tito mengatakan senjata yang dipakai KKB juga berasal dari daerah yang pernah berkonflik seperti Konflik Ambon Bersenjata. Senjata itu berpindah tangan ke KKB lewat transaksi jual beli. 

"Senjata-senjata itu banyak yang sudah selesai konflik. Ini kan masih disimpan, itu dijual oleh yang berkonflik," tutur Tito.

 Tito menambahkan Filipina adalah salah satu pemasok utama senjata api yang digunakan oleh KKB. Adapun negara yang berbatasan langsung dengan Pulau Miangas, Sulawesi Utara itu memang terkenal memiliki home industry senjata dengan kualitas bagus.

 "Itu ada yang masuk lewat jalur-jalur laut, ada juga yang melalui jalur udara," ujar Tito. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...