Istana Jelaskan Alasan Jokowi Cawe-cawe 2024, Ada Kebijakan Strategis

Andi M. Arief
30 Mei 2023, 15:07
jokowi, 2024, pilpres
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa.
Presiden Joko Widodo berjalan menuju Media Center KTT ke-42 ASEAN di Hotel Bintang Flores Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Selasa (9/5/2023).

Presiden Joko Widodo secara eksplisit mengatakan akan cawe-cawe atau ikut campur dalam memastikan keberlanjutan pembangunan nasional. Kepala Negara menilai presiden yang akan memegang kekuasaan selama 10 tahun ke depan sangat krusial.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden Bey Machmudin menjelaskan tujuan cawe-cawe yang dimaksud. Jokowi berharap agar pemimpin selanjutnya dapat mengawal dan melanjutkan kebijakan-kebijakan strategis.

Sebagian kebijakan yang dimaksud adalah pembangunan Ibu Kota Nusantara, hilirisasi, dan transisi energi bersih. Selain itu, Jokowi ingin memastikan peserta Pemilu serentak 2024 dapat berkompetisi secara bebas dan adil.

"Presiden akan menjaga netralitas TNI, Polri, dan ASN. Presiden ingin pemilih mendapat informasi dan berita yang berkualitas tentang peserta Pemilu," kata Bey kepada wartawan, Senin (29/5).

Bey mengatakan Kepala Negara berharap pemilih bisa mendapatkan informasi dan berita terkait Pemilu yang berkualitas. Dengan demikian, pemerintah dapat mencegah berita bohong, dampak negatif kecerdasan buatan, dan kampanye hitam lewat media sosial dengan lebih baik.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...