Hasto Ungkap Identitas Partai yang Akan Deklarasi Dukung Ganjar Capres

Ira Guslina Sufa
8 Juni 2023, 15:12
Ganjar Pranowo
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/hp.
Gubernur Jawa Tengah sekaligus bakal calon Presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo berjabat tangan dengan warga saat Sarasehan Kebangsaan, di Puri Begawan, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (2/6/2023).

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan partainya akan menerima dukungan secara terbuka salah satu partai politik peserta pemilu 2024 atas pencalonan Ganjar Pranowo sebagai presiden. Dukungan akan dideklarasikan secara terbuka pada Jumat (9/6). 

“Besok pagi akan dilanjutkan dengan kerja sama politik bersama,” kata Hasto kepada media di sela-sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDIP di Sekolah Partai Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (8/6).

Menurut Hasto partai yang akan memberikan dukungan secara resmi adalah Partai Perindo. Deklarasi secara resmi merupakan kelanjutan dari komunikasi politik yang telah berlangsung dalam beberapa waktu terakhir. Dukungan dari Perindo menurut dia merupakan bukti upaya PDIP merangkul berbagai kelompok untuk mendukung Ganjar sebagai calon presiden. 

Lebih jauh ia mengatakan, upaya merangkul dan membangun kerjasama itu juga terlihat dengan munculnya nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai calon wakil presiden pendamping Ganjar di pemilihan presiden 2024. Hasto mengatakan bahwa hal tersebut dilatarbelakangi oleh semangat untuk memperjuangkan kepentingan nasional.

“Ya, ketika nama itu muncul, Mas AHY disampaikan Mbak Puan Maharani, spirit yang ada kan spirit yang merangkul seluruh elemen politik,” kata Hasto.

Soal deklarasi yang akan dilakukan Perindo sebelumnya memang belum terungkap secara gamblang. Alasannya dalam berbagai kesempatan petinggi PDIP masih menyebut sebagai rahasia. Bahkan ketika hari kedua pelaksanaan Rakernas Hasto masih memberi sinyal. Ia menyebut partai yang akan memberi dukungan pada hari Jumat (9/6) memiliki sejumlah keunggulan sebagaimana yang disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...