PKB Kukuh Dukung Muhaimin Maju Pilpres, Tak Mau Bahas Calon Lain

Ade Rosman
19 Juni 2023, 13:25
PKB
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/aww.
Sejumlah simpatisan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membentangkan poster saat mengawal pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) di KPU Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Sabtu (13/5/2023).

Partai Kebangkitan Bangsa tetap kukuh mendorong Ketua Umumnya Muhaimin Iskandar untuk maju dalam kontestasi Pilpres 2024. Ketua DPP Bidang Pendidikan dan Pesantren PKB Yusuf Chudlori mengatakan hingga kini partainya tak membahas kandidat lain sebagai alternatif yang akan didukung dalam Pilpres nanti.

"Saya tegaskan sampai hari ini DPP PKB belum ada alternatif. Tetap Gus muhaimin sebagai capres atau cawapres sesuai dengan amanat muktamar di Bali," kata Yusuf kepada wartawan di kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Senin (19/6).

Ia pun mengatakan berdasarkan hasil Rapat Pleno Pemenangan Pilpres dan Pileg DPP PKB, Muhaimin dilarang untuk berbicara mengenai hal yang berkaitan dengan Pemilihan Presiden 2024. Hal ini untuk memastikan suara partai tetap bulat jelang pemilu dan pilpres.

"Rapat pleno DPP akhirnya memutuskan agar Gus Muhaimin Iskandar mulai hari ini dipingit, kalau bahasa Jawa, dipingit tidak boleh berbicara soal Pilpres," kata Yusuf,

Dipingit merupakan salah satu tradisi di Jawa yang mana prosesi yang harus dijalankan sebelum menikah oleh calon pengantin. Ketika 'pingitan' sedang berlangsung, pengantin dilarang bepergian ke luar rumah.

"Cukup nanti mendelegasikan kepada pengurus DPP. Karena Gus Muhaimin ibarat pengantin. Dalam tradisi Jawa pengantin itu harus mulai masuk kamar, mulai berbenah, siap-siap," kata Yusuf lagi.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...