Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah ANOC World Beach Games Bali 2023

Ira Guslina Sufa
5 Juli 2023, 08:37
Indonesia batal tuan rumah ANOC
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Pebola voli pantai Indonesia Ade Rachmawan yang berpasangan dengan Mohammad Ashfiya memblok bola dari pebola voli pantai Thailand dalam final voli pantai beregu putra SEA Games 2019 di Subic Tennis Court, Subic, Filipina, Jumat (6/12/2019).

Indonesia batal menjadi tuan rumah olimpiade olahraga pantai atau World Beach Games yang sedianya berlangsung di Bali Agustus mendatang. Keputusan itu diumumkan Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC) melalui keterangan resmi pada Selasa (4/7). 

“Dengan rasa terkejut dan kecewa, ANOC mengetahui bahwa Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia) telah menarik diri dari komitmennya untuk menjadi tuan rumah ANOC World Beach Games,” kata Asosiasi seperti dikutip dari Antara, Rabu (5/7). 

Asosiasi mengatakan pemberitahuan keputusan pembatalan oleh KOI dinilai terlambat. Hal itu membuat panitia tidak bisa menemukan tuan rumah alternatif untuk penyelenggaraan olimpiade. 

“Sehingga tidak ada pilihan selain membatalkan Olimpiade edisi tahun ini di Bali pada bulan Agustus serta ANOC General Assembly,” kata ANOC lagi. 

Tidak hanya olimpiade, pembatalan juga dilakukan untuk penyelenggaraan ANOC General Assembly yang dijadwalkan  pada Agustus 2023, Asosiasi baru akan mengumumkan jadwal baru dan lokasi pelaksanaan General Assembly dalam beberapa pekan ke depan. 

Lebih jauh ANOC menjelaskan berdasarkan keterangan dari Komite Olimpiade Indonesia, pembatalan pelaksanaan olimpiade olahraga pantai di Bali terjadi setelah tidak adanya anggaran yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia. Selain itu panitia tidak punya cukup waktu untuk mempersiapkan penyelenggaraan Olimpiade. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...