Top News: Ratusan Pinjol Ilegal Diblokir, Kontroversi Pembangunan JIS

Aryo Widhy Wicaksono
11 Juli 2023, 05:55
Ilustrasi pinjol ilegal
Pexels
Ilustrasi pinjol ilegal

Satuan Tugas Penanganan Kegiatan Usaha Tanpa Izin di Sektor Keuangan, sebelumnya dikenal sebagai Satgas Waspada Investasi, telah memblokir 429 platform pinjaman online (pinjol) ilegal.

Ratusan laman di internet ini menawarkan pinjaman online secara ilegal selama periode April hingga Juni.

Menurut Satgas, pihaknya memblokir platform dan konten pada media sosial ini, untuk memperkecil peluang pelaku penipuan memperdaya masyarakat.

Berita mengenai satgas yang memblokir ratusan platform pinjol ilegal menjadi artikel terpopuler atau Top News Katadata.co.id pada Senin (10/7). Selain itu, simak juga artikel mengenai Mark Zuckerberg yang bertambah kaya setelah meluncurkan Thread, dan klarifikasi konsultan asing pada proyek Stadion JIS.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Daftar 429 Pinjol Ilegal yang Diblokir Satgas Waspada Investasi

Sebanyak 429 platform pinjol ilegal kini tak bisa diakses, setelah Satgas Penanganan Kegiatan Usaha Tanpa Izin di Sektor Keuangan memblokir akses mereka dari publik.

Jumlah tersebut meliputi 352 platform dan 77 konten terkait pinjol ilegal di Facebook dan Instagram.

“Satgas berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo untuk melakukan pemblokiran,” kata Satgas dalam keterangan resmi, Sabtu (8/7).

Masyarakat diimbau untuk melapor, jika menemukan tawaran investasi atau pinjol yang mencurigakan atau menduga mereka ilegal.

Satgas juga mengimbau masyarakat mewaspadai penipuan dengan modus pesan singkat berisi lowongan kerja paruh waktu atau freelance. Sebab, pelaku biasanya membujuk korban untuk melakukan aktivitas 'like' dan 'subcribe' atas suatu konten digital seperti di YouTube.

Simak beragam modus penipuan lain yang patut diwaspadai dari pinjol ilegal.

2. RI Masuk Negara Menengah Atas, Bagaimana Kesejahteraan Warganya?

Indonesia kembali masuk dalam negara kelompok negara berpendapatan menengah atas berdasarkan kategori terbaru Bank Dunia, setara dengan Rusia, Brasil, dan Cina. Rata-rata pendapatan nasional per kapita Indonesia mencapai US$ 4.580 atau setara Rp 68 juta pada 2022, naik dibandingkan tahun sebelumnya US$ 4.140.

Indonesia masuk ke dalam kelompok negara menengah atas bersama 52 negara lainnya. Meski demikian, pendapatan nasional per kapita Indonesia pada 2022 berada di posisi ke-128 dari 196 negara yang didata Bank Dunia berdasarkan perhitungan metode Atlas.

Meski sudah masuk kelompok negara menengah atas, masih terdapat sebagian penduduk yang belum hidup sejahtera.

Pemerintah mencatat, masih ada 5,6 juta penduduk yang berada dalam kelompok miskin ekstrem.

Bank Dunia mengkategorikan penduduk miskin esktrem jika memiliki pendapatan kurang dari US$1,9/hari berdasarkan Purchasing Power Parity (PPP). Batas atas kemiskinan ekstrem tersebut kira-kira setara dengan Rp27.128/hari (kurs Rp 14.278 per US$).

Ketahui lebih banyak mengenai kesejahteraan warga Indonesia, setelah masuk kelompok menengah atas.

3. Klarifikasi Buro Happold: Pembangunan JIS Tak Sesuai Panduan

Buro Happold menegaskan tidak mendesain dan terlibat dalam konstruksi Jakarta International Stadium atau JIS, tetapi hanya membuat panduan desain dan jasa konsultasi stadion tersebut. Perusahaan jasa desain, rekayasa, dan konsultasi asal Inggris ini, bahkan menyebut pembangunan JIS tak sesuai panduan yang telah mereka buat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...