Survei: Elektabilitas Prabowo Makin Unggul Tinggalkan Ganjar dan Anies

Ira Guslina Sufa
11 Juli 2023, 16:34
Survei capres Prabowo Unggul
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Prabowo Subianto dalam acara kampanye akbar di Gelora Bung Karno, Jakarta (7/4).

Elektabilitas Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya Prabowo Subianto makin kokoh sebagai calon presiden pilihan pada pemilu 2024. Survei terbaru dari dua lembaga survei yaitu Lembaga Survei Indonesia (LSI) dan Lingkaran Survei Indonesia Denny JA menunjukkan Prabowo berada di urutan pertama meninggalkan Ganjar Pranowo yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Anies Baswedan yang diusung Koalisi Perubahan. 

Merujuk hasil Survei LSI yang dirilis hari ini, Selasa (11/7) nama Prabowo unggul di semua simulasi. Pada metode top of mind pilihan presiden, Prabowo memperoleh suara 20 %.  Pada metode ini pemilih dibebaskan menentukan calon presiden tanpa disodorkan pilihan nama. 

Elektabilitas Prabowo berada di atas Ganjar Pranowo yang memperoleh 19,9 % suara. Sedangkan Anies Baswedan hanya memperoleh dukungan dari 10,3 % responden.

“Dukungan elektoral terhadap para bakal calon presiden menunjukkan kian ketat persaingan terutama di antara tiga nama teratas," ujar peneliti LSI Djajadi Hanan dalam paparan hasil survei. 

Dalam simulasi 19 nama Prabowo unggul dengan perolehan 25,3 % dan Ganjar Pranowo mengekor dengan 25,1 %. Sedangkan Anies berada di urutan ketiga dengan 15,4 % suara.

Selanjutnya pada simulasi tiga nama Prabowo mengantongi suara 35,8 % diikuti Ganjar dengan 32,2 % dan Anies dengan 21,4 %.  Pada simulasi 19 nama dan tiga nama responden yang belum menentukan pilihan di kisaran 10 %.

Merujuk hasil survei LSI sebelumnya, pada Januari 2023 Prabowo berada di urutan ketiga dengan suara 23,2% di bawah Anies yang meraih 24,2% suara. Sedangkan Ganjar berada di posisi teratas dengan perolehan 36,3% suara. 

Prabowo mulai menyalip Anies pada survei Februari dengan 26,7% suara meninggalkan Anies yang merosot menjadi 24% suara. Suara Prabowo mulai melejit menempati posisi pertama pada survei LSI yang digelar April 2023 dengan raihan 39,3% suara meninggalkan Ganjar di posisi kedua dengan raihan 26,9% suara. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...