Jokowi Sebut Revisi UU Kesehatan Diperlukan Demi Indonesia Emas 2045

Andi M. Arief
12 Juli 2023, 12:07
jokowi, uu kesehatan, indonesia emas
ANTARA FOTO/Gusti Tanati/app/foc.
Presiden Joko Widodo memberikan pertanyaan matematika kepada seorang siswa SD dalam audiensi Program Papua Pandai Berhitung di Jayapura, Papua, Jumat (7/7/2023).

Presiden Joko Widodo memberikan dukungan penuh terhadap pengesahan Undang-Undang Kesehatan yang dilakukan DPR pada Selasa (11/7). Menurutnya, payung hukum tersebut dapat membawa bangsa menuju Indonesia Emas 2045.

Jokowi menilai masa keemasan nasional tidak akan tercapai tanpa manusia Indonesia yang sehat. Selain itu, kesehatan masyarakat telah diamanatkan dalam UUD 1945.

"Ada 11 undang-undang terkait sektor kesehatan lama yang disesuaikan dengan dinamika perubahan zaman," dalam pernyataan presiden seperti dibacakan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang dikutip Rabu (12/).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menilai UU Kesehatan yang baru sebagai kompas transformasi kesehatan. Peraturan anyar tersebut dapat menyediakan layanan kesehatan terbaik bagi seluruh masyarakat.

Jokowi mengatakan UU Kesehatan yang baru dapat membangun sistem kesehatan hingga di wilayah terjauh, terpencil, tertinggal, hingga kepulauan.

Setelah pandemi Covid-19, Jokowi mengaku baru menyadari pentingnya transformasi kesehatan. Pasalnya, sebanyak 300.000 orang wafat karena stroke per tahun, sementara itu lebih dari 6.000 bayi meninggal karena kelainan jantung bawaan yang tidak bisa dioperasi.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...