Bertemu Menlu Rusia dan Cina, Retno Marsudi Singgung Pentingnya Dialog

Abdul Azis Said
12 Juli 2023, 20:58
Menlu Retno
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nz
Menlu Retno Marsudi (kiri) bersama Diplomat Senior China Wang Yi (tengah) dan Menlu Rusia Sergey Lavrov berbincang dalam pertemuan Trilateral di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Rabu (12/7/2023).

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menggelar pertemuan tiga pihak atau trilateral meeting dengan Menteri Luar Negeri Rusia dan diplomat senior Cina di Jakarta sore ini, Rabu (12/7). Dalam pertemuan itu Retno menekankan upaya mendorong stabilitas dan menyinggung isu ASEAN dalam pertemuan tersebut.

Pertemuan digelar di Gedung Pancasila, komplek perkantoran Kementerian Luar Negeri di Jakarta Pusat. Dalam pertemuan itu Retno menyambut hangat kedatangan Menlu Rusia, Sergey Lavrov dan diplomat senior Cina Wang Yi yang menggantikan Menlu Cina Qing Gang.

"Saya akan memanfaatkan kesempatan pertemuan hari ini untuk membahas apa yang bisa dilakukan bersama untuk perdamaian, kemakmuran, stabilitas dunia," kata Retno dalam pidatonya, Rabu (12/7).

Lebih jauh Retno menyinggung perlu lebih banyak dialog dan kolaborasi antarnegara di tengah kondisi global yang penuh tantangan. Ia memastikan Indonesia terbuka untuk berdialog dengan negara mitra untuk mencapai stabilitas.

Selain pertemuan tiga pihak dengan Cina dan Rusia, Retno juga menggelar trilateral meeting dengan India dan Australia pada hari yang sama. Ini merupakan format pertemuan tiga pihak kesekian kalinya setelah ketiga negara juga sempat bertemu di New York, AS pada September tahun lalu.

Dalam keterangannya, Retno menyebut ada banyak kesamaan antara Indonesia, Australia dan India. Selain sebagai negara demokratis, ketiganya juga dinilai aktif menyerukan pentingnya menegakkan hukum internasional dan menjaga stabilitas.

Ia mengapresiasi dukungan kedua negara itu terhadap sentralitas ASEAN dan implementasi ASEAN Outlook on Indo-Pacific (AOIP). "Saya menantikan partisipasi aktif anda (Australia dan India) dalam Forum Infrastruktur Indo-Pasifik ASEAN, yang akan diadakan di sela-sela KTT ASEAN pada bulan September," kata Retno.

Selanjutnya, indonesia juga menginginkan kedua negara bisa meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi, maritim dan ketahanan pangan.

Reporter: Abdul Azis Said
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...