Anies Mengaku Heran Banyak yang Bertanya Perihal IKN kepada Dirinya

Andi M. Arief
13 Juli 2023, 21:36
Anies Baswedan
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/YU
Bakal calon presiden Anies Baswedan menyampaikan pidato dalam Temu Kebangsaan Relawan Anies di Tenis Indoor Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (21/5/2023).

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku heran banyak menerima pertanyaan soal pembangunan Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara kepada dirinya. Padahal proyek IKN merupakan program prioritas yang sedang disiapkan Presiden Joko Widodo. Bahkan menurut Anies persoalan IKN yang ditanyakan tak jarang bertendensi politik. 

Anies menjelaskan dalam berbagai kesempatan ia sering dimintai pendapat soal IKN dibanding isu lain seperti harga pangan maupun bahan bakar minyak. Padahal menurut Anies, program yang direncanakan dengan baik dan memiliki dasar yang kuat tidak memerlukan otot politik. Sebaliknya program tanpa perencanaan maupun dasar yang kuat cenderung memerlukan otot politik.

"Saya kadang heran kenapa IKN selalu ditanyakan ke saya. Apa sebenarnya di alam bawah sadar kita ada pertanyaan ya sesungguhnya?" kata Anies dalam Rapat Kerja Nasional APEKSI di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (13/7).  Selain Anies, forum yang mempertemukan wali kota seluruh Indonesia itu juga mengundang Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 

Walau demikian, Anies menilai pembangunan IKN yang sedang berjalan akan terus berlanjut bila didasari perencanaan yang baik. Namun Anies tidak menjelaskan posisinya secara jelas terkait pembangunan IKN tersebut.

Sebelumnya, Anies berkomitmen akan meneruskan pembangunan IKN jika terpilih menjadi presiden periode 2024-2029. Menurutnya, pembangunan IKN harus dilanjutkan lantaran telah termuat dalam Undang-Undang No. 3-2022 tentang Ibu Kota Negara.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...