BMKG Prediksi Puncak El Nino Terjadi pada Agustus hingga September

Andi M. Arief
18 Juli 2023, 16:20
el nino, bmkg. pangan
ANTARA FOTO/Arnas Padda/foc.
Sejumlah bocah melintas di area persawahan yang mengering di Desa Pajukukang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Minggu (25/6/2023).

Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas dalam mengantisipasi dampak El Nino hari ini. Salah satu kepala lembaga yang diundang adalah Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Ratnawati.

Dwikorita meramalkan puncak El Nino tahun ini akan terjadi pada Agustus-September. Antisipasi fenomena cuaca juga sudah dilakukan sejak Februari-April 2023. 

"Sehingga dikhawatirkan akan berdampak pada ketersediaan air atau kekeringan, juga produktivitas pangan, atau berdampak pada ketahanan pangan," kata Dwikorita dalam keterangan resmi, Selasa (18/7).

Dwikorita juga memperkirakan El Nino tahun ini akan terjadi pada skala lemah hingga moderat. Namun, masih ada potensi terjadinya banjir selama El Nino berlangsung. Pasalnya, cuaca di dalam negeri dipengaruhi oleh Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Seperti diketahui, El Nino merupakan fenomena pemanasan suhu muka laut atau SML di atas kondisi normalnya yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah. Pemanasan SML umumnya meningkatkan potensi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah dan mengurangi curah hujan di wilayah Indonesia.

Alhasil, El Nino memicu terjadinya kondisi kekeringan di penjuru negeri secara umum. Akan tetapi, Dwikorita menilai topografi Indonesia yang penuh dengan gunung dan di garis khatulistiwa membuat daerah di dekat pusat kekeringan mengalami banjir atau bencana hidrometeorologi.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...