Gempa Bumi 5,7 Magnitudo Guncang Pacitan Minggu Malam

Image title
23 Juli 2023, 20:47
gempa
Freepik
Ilustrasi, gempa bumi.

Gempa bumi dengan magnitudo 5,7 terjadi di wilayah Pacitan, Jawa Timur, pada Minggu (23/7) pukul 19:33 WIB. Pusat gempa berasal dari laut 84 kilometer (km) barat daya Pacitan.

Mengutip keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bumi terjadi pada kedalaman 10 Km di bawah permukaan laut. Gempa berada di titik koordinat 8.94 Lintang Selatan dan 111.04 Bujur Timur.

BMKG melaporkan, efek Gempa dirasakan hingga Ponorogo, Bantul, Pacitan, Purworejo, dan Blitar. Kemudian, dirasakan juga hingga Klaten, Wonosobo, Banjarnegara, Magelang, Kepanjen, dan Karangkates.

BMKG melaporkan gempa bumi tektonik dangkal yang mengguncang wilayah Pacitan tersebut, terjadi akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme geser naik," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono, dikutip dari Antara.

Hingga saat ini, belum ada laporan lebih lanjut mengenai kerusakan yang timbul, dan terkait dengan adanya korban jiwa akibat gempa tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...